Sukses

Parenting

Hari Pertama Masuk Sekolah Si Kecil, Apa yang Harus Dilakukan?

Menjelang hari pertama masuk sekolah buah hati, siapa yang hectic? Pastinya orangtua adalah pihak yang sibuk menyiapkan ini itu untuk hari pertama sekolah si kecil. Selain mempersiapkan semua kebutuhan belajar si kecil, ladies juga perlu untuk menyiapkan mental si kecil. Pasalnya, hari pertama sekolah adalah sebuah big deal bagi seorang anak.

Berikut ini adalah hal-hal yang perlu ladies lakukan dalam rangka menyiapkan buah hati untuk menghadapi hari pertamanya di sekolah.

Pertama, beritahukan kepada si kecil tentang schedule yang akan dijalaninya di sekolah besok. Pastikan bahwa buah hati tahu pada jam berapa dia memulai pelajaran dan kapan dia pulang.

Next, tunjukkan perhatian anda dengan menanyakan bagaimana perasaan buah hati menjelang hari pertamanya di sekolah. Jika dia menunjukkan tanda-tanda nervous, comfort him or her with hug!

Hal lain yang tidak kalah pentingnya adalah pastikan bahwa ladieslah yang mengantarnya di hari pertama buah hati masuk kelas. Ikutlah masuk ke dalam kelas untuk memperkenalkan lingkungan sekolahnya dan ajaklah anak untuk bertemu dengan gurunya sebelum pelajaran dimulai.

Selanjutnya, tunjukkan kepada buah hati tentang hal-hal menyenangkan dari sekolah. Dengan begitu, mereka akan mulai berpikir positif tentang sekolah.

Jika memungkinkan, ajaklah buah hati untuk bertemu teman barunya sebelum sekolah dimulai. Memiliki teman baru sebelum hari pertama masuk sekolah akan membuat si kecil lebih percaya diri dan nyaman dengan lingkungan barunya.

Next, pastikan bahwa anda akan berada untuk mendampingi buah hati anda ketika mereka mendapat masalah di hari pertamanya di sekolah. Katakan hal tersebut sebelum dia masuk ke dalam kelasnya.

Jika buah hati anda terlihat nervous di hari pertamanya, bisikkan kepadanya bahwa semua anak di kelasnya juga mengalami hal yang sama sehingga dia tidak merasa sendirian.

Another cute thing that you can do is leaving a note. Di dalam kotak makan siang si kecil, tempelkan selembar post it yang berisi dukungan dan semangat anda untuk buah hati. Ketika mereka membuka lunch box-nya, mereka akan bersemangat.

Jika sekolah si kecil memiliki aktivitas khusus di luar jam pelajaran, seperti misalnya kelas menari atau menggambar, pastikan bahwa ladies mendaftarkannya untuk buah hati anda. Kegiatan luar sekolah yang diikuti oleh buah hati akan membuatnya lebih percaya diri dan lebih cepat beradaptasi dengan lingkungan dan teman-teman barunya.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading