Sukses

Parenting

Jaga Kesehatan Rambut Bayi Anda!

Siapa bilang hanya rambut orang dewasa saja yang perlu perawatan? Rambut dan kulit kepala bayi yang baru lahir pun juga perlu dirawat, lho, ladies. Nah, bagi ladies yang memiliki buah hati yang masih bayi, bagaimana anda menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut bayi anda?

Berikut ini adalah beberapa tips dalam menjaga kesehatan rambut buah hati anda, terutama mereka yang masih bayi yang dikutip dari laman parenting.com.

Meskipun rambut buah hati ladies masih belum tumbuh banyak, cara terbaik untuk menjaga kesehatan dan kebersihan rambutnya adalah dengan mencucinya alias keramas. Kapan waktu yang tepat untuk mencuci rambut buah hati anda? Seberapa sering mencuci rambut bayi?

Seperti menurut Ari Brown, M. D. seorang dokter anak, rambut anak yang masih bayi tidak perlu dicuci setiap hari. Cukup sekali atau dua kali saja dalam seminggu. Ketika mencuci rambut buah hati, lakukan gerakan memijat pelan di seluruh permukaan kepala bayi.

Jika terdapat tanda-tanda bahwa buah hati memiliki rambut yang berminyak, maka oleskan sedikit olive oil atau baby oil ke permukaan kepala bayi anda.

Hal lain yang juga perlu digarisbawahi adalah lakukan kegiatan mencuci rambut bayi di akhir kegiatan mandinya. Hal ini berguna untuk menghindari kulit kepala bayi “berinteraksi” terlalu lama dengan shampo—mengingat bahwa kulit bayi tergolong sangat sensitive.

Pastikan pula bahwa ladies mencuci rambut bayi anda dengan shampo khusus bayi. Jangan memakai shampo orang dewasa untuk mencuci rambut buah hati anda, sebab formula shampo orang dewasa terbilang terlalu kuat untuk kulit kepala buah hati anda.

Ketika mencuci rambut buah hati, pastikan bahwa ladies melakukannya dengan benar. Usahakan agar busa yang dihasilkan oleh shampo bayi tidak mengenai mata buah hati anda. Hal ini dapat membuat mata buah hati menjadi pedih—sekalipun terdapat label “tidak pedih di mata” pada bagian kemasan shampo bayi anda.

Sedangkan jika bayi anda sudah beranjak besar, maka kegiatan keramas harus dilakukan dengan lebih sering; seiring dengan rambutnya yang mulai lebat dan panjang. Untuk balita, ada baiknya jika ladies mencuci rambut si kecil sebanyak tiga kali seminggu.

Setelah mencuci rambut si kecil, keringkan rambutnya dengan handuk. Tidak perlu memakai hair dryer untuk mengeringkan rambut bayi anda. Cukup angina-anginkan saja dan dalam beberapa menit rambut buah hati anda akan kering dengan sendirinya.

Terakhir, gunakan sisir dengan gigi jarang untuk menyisir rambut bayi. Sisir dengan gigi jarang tidak akan melukai kulit kepala buah hati ladies.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading