Sukses

Parenting

Jangan Sepelekan Dongeng Sebelum Tidur

Seberapa sering ladies membacakan cerita untuk buah hati anda sebelum tidur? Jika ladies sudah memiliki kebiasaan membacakan cerita tersebut, it is good for you. Jika belum, maka ada baiknya jika ladies mulai membiasakan membaca cerita kepada buah hati anda mulai sekarang.

Mengapa begitu? Pasalnya ada banyak manfaat positif yang bisa ladies dapatkan dari kebiasaan membacakan cerita tersebut kepada si kecil. Tidak ada salahnya kan meluangkan waktu 10 menit per hari untuk membacakan cerita? The great impact of reading bedtime story is awaiting!

Beberapa manfaat menceritakan bedtime story adalah sebagai berikut.

Pertama, bedtime story dapat mendekatkan hubungan orangtua dan anak. Duduk berdua di malam hari sebelum tidur di tempat tidur sambil membacakan cerita akan memberikan quality time untuk ladies dan buah hati anda secara rutin yang dapat meningkatkan kedekatan anda dan si kecil.

Selain itu, bedtime story adalah kesempatan yang baik bagi ladies dan si kecil untuk membicarakan tentang kehidupan. Jika diajak berbicara serius tentang makna hidup, si kecil pasti belum mengerti. Namun, dikemas dalam sebuah cerita, anda bisa memberikan pelajaran hidup kepada buah hati dalam bahasa yang mudah dimengerti.

Next, bedtime story juga merupakan waktu yang tepat untuk “menceramahi” si kecil tanpa mereka menyadarinya. Gunakan dongeng sebelum tidur dan moral values yang ada di dalamnya untuk mengajarkan si kecil tentang hal-hal yang baik.

Tidak hanya itu, membacakan dongeng sebelum tidur juga merupakan kesempatan belajar bagi buah hati anda. Mereka berkesempatan untuk memperkaya kosakata dan mengenal istilah-istilah baru yang belum pernah mereka temui sebelumnya.

Manfaat lain yang didapat dari membacakan cerita sebelum tidur adalah merangsang perkembangan imajinasi anak. Hal ini terutama didapat dari membacakan cerita yang tidak bergambar. Ketika anda membacakan cerita, si kecil secara otomatis akan membayangkannya.

Membacakan cerita sebelum buah hati pergi tidur juga merupakan cara yang tepat untuk membuat mereka memiliki tidur yang berkualitas. Seperti menurut beberapa penelitian, buah hati akan memiliki tidur yang berkualitas jika mereka memiliki waktu setengah jam untuk no screen time. Untuk mengisi kekosongan setengah jam sebelum terlelap, membacakan bedtime stories adalah ide yang sangat baik.

Manfaat lain dari bedtime stories time adalah membiasakan si kecil gemar membaca sejak dini yang tentunya akan sangat bermanfaat untuk mereka saat dewasa kelak.

Yang terakhir, membacakan cerita adalah salah satu bentuk afeksi anda kepada buah hati. Anak yang dibacakan cerita akan merasa dicintai dan menjadi prioritas.

Oleh: Pravianti

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading