Sukses

Parenting

Berbagai Penyebab Bayi Rewel dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda yang baru memiliki bayi dan menjadi ibu muda, tentunya sering dibingungkan dengan bayi yang tiba-tiba menangis ataupun rewel. Anda akan menebak-nebak apa yang terjadi, apakah ia sakit, akan tumbuh gigi atau kedinginan. Disini kami akan menginformasikan beberapa hal yang dapat menjadi penyebab dan bagaimana mengatasinya yang dilansir oleh essentialbaby.com.au.

    Demam

    Saat bayi Anda demam itu adalah proses dimana pertahanan tubuhnya sedang melawan infeksi dan menghentikan penyebaran virus yang ada. Bayi Anda dapat dikatakan demam jika suhu tubuhnya lebih dari 38℃.

    Cara perawatan:

    meskipun suhu tubuh bayi Anda sudah menurun hendaknya Anda tetap memandikan sang bayi dengan air hangat ataupun hanya dengan busa mandi. Pakaikan pakaian yang nyaman, dan pastikan bayi Anda tidak akan mengalami dehidrasi. Untuk bayi yang berumur kurang dari enam bulan, perawatan medis harus diberikan jika suhu tubuhnya mencapai lebih dari 40℃. Jika demam terus berlangsung selama dua hari, bayi Anda harus segera mendapatkan perawatan dokter. Dan untuk bayi yang berumur kurang dari 3 bulan hendaknya segera mendapatkan perawatan dokter ketika diketahui demam.

    GROW SPRUT”

    Ada masanya bayi Anda mengalami pola tidur dan pola makan yang berbeda. Hal ini akan menyebabkan sang bayi berkelakuan aneh dan makan terus-menerus.

    Cara perawatan:

    Tambahkan porsi makanan sang bayi dalam fase ini karena sang bayi akan makan melebihi dari biasanya. Jika masih bergantung dari ASI, maka sang ibu harus mengonsumsi makanan lebih agar dapat menyesuaikan dengan kebutuhan sang bayi. Hal ini hanya akan berlangsung dalam beberapa hari.

    Tidak nyaman atau sakit

    Tangisan bayi yang sedang tidak nyaman atau merasakan sakit pasti berbeda dengan tangisan biasa. Nadanya akan lebih tinggi, ditambah dengan erangan dan berlangsung lama.

    Cara perawatan:

    Pastikan apa yang membuat sang bayi tidak nyaman, apakah lapar, haus, terlalu dingin atau panas. Sebagian ada bayi yang sensitif dengan peralatan bayi dan bahan pakaian, jadi pastikan sang bayi mengalami ketidaknyamanan oleh hal tersebut atau bukan,

    Jika sang bayi sakit, Anda dapat memberikan peredam rasa sakit dan tentunya pelukan Anda dapat mengurangi sakit yang dirasakannya.

    Terlalu dingin/ terlalu panas

    Bayi memang sensitif terhadap hal-hal kecil, contohnya adalah suhu yang terlalu dingin ataupun yang terlalu panas

    Cara perawatan:

    Sesuaikan lapisan pakaian dengan kondisi saat itu, jika terlalu dingin tambahkan sedangkan jika terlalu panas kurangi lapisannya.

    OVER STIMULAN

    Sang bayi bisa juga merasa stress dan tidak sedang jika dihadapkan dengan keadaan yang membuat ia tidak nyaman, misalnya goncangan yang ia dapatkan setelah menemui teman-teman Anda yang menggendong atau menggodanya.

    Cara perawatan:

    Hindarkan sang bayi dari penyebabnya. Tempatkan sang bayi di tempat dimana ia bisa bersantai dan merasa tenang

    Pertumbuhan gigi

    Pada masa pertumbuhan gigi,masing-masing bayi mengalami gejala yang berbeda. Ada yang suka menggigiti barang yang ada di sekitarnya adapula yang sampai mengalami diare.

    Cara perawatan:

    Sediakan mainan yang aman dan dapat ia gigit atau kunyah. Anda juga dapat menggunakan jari Anda. Jangan lupa untuk memastikan kebersihannya.

    Sembelit

    Sembelit merupakan hal yang sering terjadi pada bayi. Sembelit dapat diketahui dengan kerasnya feses, berbentuk kerikil ataupun susah dalam proses pengeluarannya.

    Cara perawatan:

    Ubahlah pola makannya, Perbanyak asupan makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah-buahan. Jika mengonsumsi susu formula, Anda bisa menambahkan takaran air pada susu tersebut, Anda juga dapat melakukan pemijatan lembut di perut sang bayi searah jarum jam atau Anda bisa membantu kaki sang bayi untuk melakukan gerakan bersepeda. Hal tersebut dapat membantu bayi mengatasi sembelitnya.

Itulah beberapa penyebab bayi tiba-tiba menangis dan rewel lengkap dengan cara perawatannya. Setelah mengetahuinya pasti Anda akan lebih mudah mengatasinya saat dihadapkan dengan kondisi tersebut.

(vem/hws)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading