Sukses

Parenting

Bunda, Hati-Hati Ketika Si Kecil Keasyikan Main Gadget!

Perkembangan teknologi semakin terus berkembang. Anak-anak pun semakin mudah mengakses internet dan bermain game online. Bahkan anak-anak bisa keasyikan main sendiri dengan gadget miliknya. Dengan kondisi seperti itu, sebagai orang tua, kita harus lebih ketat memperhatikan kebiasaan bermain anak kita.

Menurut psikolog Anak ternama, Ajeng Raviando, Psi, bermain tak harus dengan gadget saja, tetapi berilah anak permainan yang dapat menstimulasi kecerdasan, kreativitas dan rasa percaya diri. Dengan begitu, anak-anak bisa menjadi anak yang pintar dan bahagia.

Ajeng Raviando. | Foto: dok. Vemale

"Sekarang ini permainan di gadget itu sudah banyak sekali ya. Boleh saja anak bermain games di gadget, tapi janganlah lupa, kalau anak butuh permainan yang lain. Misalnya seperti bermain boneka, sepeda atau mainan-mainan yang bisa membuat mereka bisa kreatif dan berkreasi," ucap Ajeng saat berbincang di acara peluncuran Barbie Princess Power di Gandaria City, Jakarta Selatan, Rabu 6 Mei 2015.

Lebih lanjut Ajeng menjelaskan orang tua harus bisa membantu anak untuk memaksimalkan inner power atau potensi yang dimiliki si anak dengan cara bermain dan memilih permainan yang tepat.

Walau bermain menjadi faktor yang penting juga untuk anak-anak, tapi Ajeng tetap mengingatkan kepada para orang tua agar si kecil juga harus diajarkan mengenai kedisplinan serta bertanggung jawab terutama saat sedang bermain.

"Ingat ya orang tua, jangan kebablasan saat bermain. Kita harus bisa mengajarkan mereka untuk disiplin dengan cara simpel saja, misalnya saat waktunya dia tidur, ajak juga bonekanya untuk tidur, supaya besok sekolahnya tidak kesiangan," tutupnya dengan senyuman.

Bunda, yuk, kita perhatikan lagi kebiasaan bermain anak kita. Apalagi jika anak sudah mulai keasyikan sendiri dengan permainan di gadget mereka, perlu perhatian dan bimbingan ekstra supaya tumbuh kembang anak tetap optimal.

(vem/yun/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading