Sukses

Parenting

10 Tips Menjadi Orang Tua yang Baik (Part 2)

Menjadi orang tua dan mengasuh anak tentu bukan perkara yang mudah. Apa yang Anda lakukan dan berikan pada anak-anak akan sangat memengaruhi bagaimana kepribadiannya kelak. Maka dari itu, Bunda perlu berusaha sebaik mungkin agar dapat menjadi orang tua yang baik bagi anak-anak.

Selain 5 tips menjadi orang tua yang baik yang telah diulas di artikel sebelumnya, masih ada 5 tips lainnya yang bisa Anda coba lakukan. Yuk mari simak ulasannya berikut ini yang telah dirangkum dari situs medicinenet.com.

Tumbuhkan kemandirian
Memberi batasan pada anak-anak akan mengembangkan kemampuan kontrol dirinya dan menumbuhkan kemandirian dapat mengajari anak untuk bertanggung jawab terhadap setiap perbuatannya. Untuk meraih kesuksesan, buah hati Anda membutuhkan kedua hal tersebut.

Maka dari itu, Moms perlu memberi kebebasan yang bertanggung jawab pada buah hati Anda. Tak sedikit orang tua yang menganggap anak yang ingin mandiri sebagai bentuk pemberontakan pada orang tua. Padahal kebebasan memang dibutuhkan setiap manusia dan anak-anak akan lebih suka mengontrol daripada berada di bawah kontrol.

Konsisten
Belajarlah untuk selalu konsisten terhadap setiap peraturan yang Anda buat untuk anak-anak. Jika peraturan yang Anda buat berubah setiap waktu, maka saat anak berbuat kesalahan hal tersebut merupakan kesalahan Anda. Maka dari itu, cobalah untuk selalu konsisten terhadap perbuatan dan perkataan Anda untuk mengajari anak-anak tentang kedisiplinan dan membuat mereka percaya pada Anda.

Hindari melakukan kekerasan
Anak-anak yang diasuh dengan cara kekerasan seperti dipukul, ditampar, atau diteriaki dengan kata-kata kasar kebanyakan akan tumbuh menjadi anak yang suka berkelahi untuk menyelesaikan masalah. Hindari melakukan kekerasan pada anak dan ajak mereka untuk menyelesaikan masalah dengan cara lain yang jauh dari kekerasan.

Menjelaskan peraturan dan keputusan
Beri penjelasan pada buah hati Anda tentang setiap peraturan yang harus ditaati di rumah dan keputusan yang Anda buat untuk mereka. Cobalah untuk memberi penjelasan yang mudah dipahami oleh anak-anak sesuai dengan usianya. Jangan terlalu banyak menjelaskan pada anak yang masih kecil dan sedikit menjelaskan pada anak yang sudah besar.

Hargai buah hati Anda
Cara yang paling tepat agar anak-anak mau menghormati Anda sebagai orang tua adalah dengan memperlakukan mereka dengan rasa hormat pula. Dengarkan dan hargai pendapatnya dengan baik, berbicaralah dengan sopan pada anak-anak, buat mereka senang, dengarkan ceritanya dengan seksama, dan perlakukan mereka dengan baik.

Anak-anak akan memperlakukan orang lain seperti orang tua mereka memperlakukan mereka. Jadi, selalu tunjukkan perilaku yang baik dengan menghargai buah hati Anda.

Jadi, yuk menjadi orang tua yang baik.

Oleh: Lies NureniĀ 

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading