Sukses

Parenting

10 Tips Menjadi Orang Tua yang Baik (Part 1)

Menjadi orang tua yang baik tentu membutuhkan kemauan untuk selalu belajar dan berusaha lebih baik. Bunda sebagai orang tua tentu ingin menjadi orang tua yang baik agar anak-anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang baik dengan sikap dan perilaku yang teladan.

Nah, Bunda pasti sudah bertanya-tanya bagaimana agar dapat menjadi orang tua yang baik bagi buah hati Anda. Untuk membantu Bunda sekalian, berikut ini ada 10 tips menjadi orang tua yang baik seperti yang dilangsir dari laman medicinenet.com.

Lihat apa yang Anda lakukan
Anak-anak akan selalu melihat dan belajar dari apa yang orang tua mereka lakukan. Maka dari itu, cobalah untuk memberikan contoh yang baik pada buah hati Anda. Berikan teladan tentang bagaimana Anda memperlakukan orang lain dan bagaimana Anda mengambil keputusan dalam hidup.

Apa yang Anda lakukan terhadap kesehatan tubuh juga menjadi contoh bagi anak-anak. Jadi, berikan contoh gaya hidup sehat pada anak-anak agar mereka juga memulai hidup yang sehat sedini mungkin.

Jangan terlalu menyayangi
Menyayangi anak-anak memang harus dilakukan oleh setiap orang tua. Namun, Bunda tidak boleh terlalu berlebihan dalam memanjakan mereka dengan dalih menunjukkan rasa sayang pada mereka. Hindari memberi terlalu banyak kelonggaran pada anak-anak, membuat harapan yang rendah terhadap hidupnya, dan memberikan setiap barang yang ia minta.

Terlibat dalam hidup anak-anak
Kesibukan dalam hal pekerjaan tak jarang membuat orang tua menjadi lupa akan kehidupan anak-anak. Cobalah untuk terlibat dalam setiap kegiatan dan kehidupan anak Anda meski hal tersebut berarti mengorbankan apa yang ingin Anda lakukan demi mereka. Terlibat dalam kehidupan anak-anak berarti Anda harus ada untuk mereka baik secara fisik maupun mental.

Menyesuaikan dengan perkembangan anak
Sesuaikan gaya mengasuh anak dengan perkembangan mereka di setiap usianya. Apa yang Anda lakukan untuk mengasuh si kecil saat ia berusia 12 bulan tentu memiliki efek yang berbeda saat ia telah berusia 2 tahun. Buah hati Anda sedang tumbuh, jadi Bunda perlu menyesuaikan gaya mengasuh dengan tiap usia mereka.

Membuat peraturan
Sedini mungkin cobalah untuk membuat peraturan agar Anda dapat mengatur perilakunya sejak masih kecil. Ajak si kecil untuk membersihkan mainan setelah selesai bermain, mengembalikan barang yang dipinjam, mengerjakan tugas sekolah, dan memberinya tanggung jawab. Jika tidak mulai mengatur perilaku anak-anak dari kecil, maka mereka akan kesulitan mengatur hidupnya saat dewasa nanti.

Masih ada 5 tips penting lainnya untuk menjadi orang tua yang baik di artikel selanjutnya. Jadi, jangan sampai ketinggalan info penting lainnya ya, Bun.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading