Sukses

Parenting

Tips Papa-Mama; Bagaimana Agar Anak Selalu Sehat?

Moms, bagi sebagian orang, menjadi orangtua tidak perlu dipelajari karena ketika sudah memiliki anak, secara naluri mereka akan mampu melakukan apa yang sebaiknya dilakukan. Namun Moms, asal mengikuti naluri tak menjamin semuanya akan maksimal, kan. Anda perlu secara khusus mempelajari ilmu merawat dan membesarkan anak.

Yap, kini ilmu tentang parenting telah mulai banyak didalami oleh para orangtua karena mereka menyadari tuntutan akan masa depan anak mereka di era global semakin hari akan meningkat. Termasuk anak Anda nanti nih, Moms, yang patut untuk diapresiasi karena sudah memiliki inisiatif yang mulia agar anak terawatt dengan baik.

Di sini Anda akan diberitahu caranya merawat anak agar tetap sehat meski cuaca kadang tak menentu sejak Anda masih mengandung. Sebagaimana disalir dari laman CDC.gov, ada beberapa hal penting yang perlu dipertimbangkan, Moms.

Pertama, rencanakan kehamilan yang sehat. Nah Moms, sejak Anda mengandung, Anda juga perlu menjaga kesehatan janin dengan baik. Contohnya nih, Anda bisa berkonsultasi pada dokter kandungan tentang makanan yang sebaiknya dihindari, mengetahui riwayat kesehatan Anda dan keluarga untuk berjaga-jaga jika saja anak Anda berpotensi terserang penyakit tertentu sehingga bisa melakukan pencegahan dini, serta gaya hidup Anda harus lebih sehat lagi.

Ketika anak Anda sudah lahir, hal yang perlu Anda perhatikan adalah perkembanganya. Kenali perkembangan bayi dalam bermain, belajar, berbicara, serta melakukan kegiatan tertentu. Jika Anda menyadari adanya keterlambatan baik secara fisik maupun kemampuan lainnya, Anda bisa segera melakukan hal tertentu agar semuanya tetap bisa terkendali.

Moms, Anda juga tidak boleh terlambat memeriksakan anak Anda secara rutin serta mendapatkan vaksin yang dibutuhkan untuk meningkatkan kekebalan tubunya. Jangan diremehkan ya, Moms, karena vaksin merupakan salah satu tindakan preventif yang diwajibkan oleh pemerintah karena memang bisa meningkatkan kesehatan anak Anda.

Setelah itu, lindungi anak Anda dari bahaya makanan dan lingkungan. Makanan yang akan dimakannya haruslah bersih, begitupun tangannya. Tempat dia bermain juga perlu dijaga kebersihannya, Moms. Anda juga bisa sambil lalu mengajarkan betapa menjaga kebersihan itu sangat penting.

Motorik anak juga perlu dilatih dengan membuatnya selalu aktif bergerak. Anda pun bisa mengajaknya melakukan kegiatan yang menyenangkan, seperti menari, melompat, atau apapun yang bisa menarik perhatiannya.

Nah Moms, Anda dan suami pun perlu bekerja sama untuk membuat anak tetap aman dan nyaman. Anak perlu dilindungi dari bahaya polusi, asap rokok, dan benda berbahaya lainnya. Yang terpenting nih Moms, lakukanlah berdua dengan suami Anda agar merawat anak serta menjaga kesehatannya tetap terasa menyenangkan.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading