Sukses

Parenting

Merawat Anak Memang Mudah (juga Susah)

Membesarkan anak bukanlah sekadar menyediakan materi yang dibutuhkan. Anak Anda, khususnya sejak mereka masih bayi, hanya akan bergantung pada Anda atas apapun kebutuhannya, untuk itulah mengapa orangtua sangat menyayangi anak mereka; karena mereka tahu mereka memang layak untuk disayangi.

Meski begitu, merawat anak tidaklah susah sepenuhnya, tapi mudah-mudah susah. Khususnya nih bagi orangtua baru yang sedang berbahagia dengan anak pertama mereka, mereka bisa jadi kebingungan caranya merawat anak meski orangtua atau tantenya sudah sering mengajarkan dan mengatakan bahwa merawat anak itu mudah.

Merawatnya juga tak sekadar merawat, Anda perlu memastkan dia sehat selalu. Untuk itu, berikut ini dari laman CDC.gov menyalir bahwa ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh para pasangan ayah dan ibu baru tentang caranya menjaga kesehatan anak.

Pertama, pastikan anak Anda telah diimunisasi dan diberikan vaksin yang direkomendasikan oleh badan kesehatan. Nah, dengan rajin memberikan imunisasi atau vaksin, Anda bisa mencegah anak Anda tertular penyakit yang memang rawan menyeran anak.

Kedua, jaga anak Anda dari apapun yang berbahaya. Bila Anda menyediakan ruangan khusus baginya untuk bermain, hindarkan benda berbahaya apapun dari jangkauannya. Benda berbahaya yang dimaksud mungkin seperti benda tumpul, berat, tajam, serta yang mudah pecah.

Anda juga bisa mulai mengenalkannya pada makanan yang sehat dan bersih, dan kebiasaan yang baik dan bersih. Nah Moms, dengan membuatnya terbiasa untuk hidup teratur dan bersih sejak dini, dia bisa tumbuh menjadi anak yang lebih disiplin dan bersih pula. Beberapa makanan seperti sayur, daging, dan susu, juga perlu dikenalkan, terutama manfaatnya bagi perkembangan dan pertumbuhannya.

Menjadi sehat juga tak melulu dari vaksin dan makanan. Dia perlu banyak bergerak dengan disediakannya tempat yang bersih. Anda juga perlu berada selalu di sampingnya agar dia semakin percaya diri untuk banyak bergerak dan mengeksplor lebih banyak lagi objek di sekitarnya. Bila dia tertarik musik, tak ada salahnya untuk mengajarinya bermusik.

Selain itu, ada hal lain yang perlu Anda lakukan selain menjaga kesehatan fisiknya, yakni dengan menjaga kesehatan mentalnya. Nah caranya adalah dengan membuatnya bahagia, tertawa, dan tak mencontohkan tindakan buruk, seperti membentak, bertengkar, atau mengamuk di hadapannya.

Dari sekian banyak tips, Moms, Anda juga masih perlu memahami perkembangan anak Anda dengan baik. Sebagai orang pertama yang akan selalu hadir untuknya, jangan lupa untuk mempelajari cara-cara berinteraksi yang baik dengan anak agar kemampuannya berkomunikasi juga terlatih, serta kata-kata apa saja yang sebaiknya tak didengarnya sehingga kosa kata yang dimilikinya juga aman dari kata yang buruk.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading