Sukses

Parenting

Bagaimana Merencanakan Pesta Ulang Tahun Anak? (Age 1-3)

Moms, bagi orangtua yang sangat berbahagia telah dititipi seorang malaikat kecil yang sangat lucu dan menggemaskan, pada momen-momen berbahagia tentu ingin memaksimalkan upaya agar momen tersebut menjadi momen yang tak terlupakan. Plus, menjadi momen yang paling wow tahun itu.

Salah satunya seperti mengadakan pesta ulang tahun bagi anak Anda, sejak tahun pertama. Nah, angka satu memang menjadi angka permulaan yang tak pernah ingin dilewatkan orangtua untuk merayakan pesta ulang tahun anaknya. Seperti contohnya pada tahun kemarin ketika seorang artis kondang Indonesia merayakan ulang tahun anak pertamanya yang pertama.

Dan mungkin meriahnya pesta tak bisa menjadi prediksi atas kemeriahan atau berjalannya pesta tersebut. Benar saja, Moms, meski pestanya sangat meriah, si anak nampak tidak menikmatinya sama sekali. Saat setiap orang menyanyikan lagu ucapan selamat ulang tahun pun dia justru nampak sedih dan menangis.

Tentu saja bukan karena dia tidak suka dengan pestanya ya, Moms, malah mereka sama sekali tidak mengerti kalau itu pesta, loh! Nah, jika sudah seperti itu, memang bukan sepenuhnya kesalahan orangtua, atau anak tersebut, namun lebih kepada bagaimana mengemas pestanya agar lebih baby-friendly.

Seperti disalir dari laman Parenting.com, ada beberapa hal yang perlu orangtua perhatikan ketika merancang pesta ulang tahun untuk anak mereka yang masih berusia satu hingga tiga tahun.

Pertama, anak pada usia tersebut masihlah mencintai lingkungannya. Dia masih nyaman dengan lingkungan yang hanya ada ayah, ibu, kakak, atau kakek dan neneknya. Intinya nih Moms, anak masih tidak bisa menerima orang baru (apalagi dalam jumlah yang banyak) yang tiba-tiba datang mendekati mereka dan memeluk lalu mencium sebagai ungkapan pemberian selamat.

Untuk itu Moms, yang perlu Anda perhatikan adalah undanglah tamu yang terdekat dan tak terlalu banyak. Jika memang ingin membuat suasana seperti acara keluarga, Anda bisa membawa pestanya ke luar rumah, seperti ke pantai, atau ke taman. Biarkan anak Anda menikmati keindahan alam yang belum pernah dilihatnya di bawah pengawasan Anda (seperti biasa), dan silahkan Anda dan tamu Anda yang lain juga menikmatinya.

Sebagai ganti kue tart yang nampaknya ‘pesta ultah banget’, Moms, Anda bisa memberikan cupcake yang berbentuk unik dan lucu. Dengan begitu, anak akan lebih menilainya sebagai hari spesial yang dia mau. Bukan seperti pesta dengan banyak orang yang malah membuatnya terancam dan takut.

Namun jika Anda ingin acaranya di rumah, Moms, undangannya perlu lebih sedikit lagi. Yang Anda undang mungkin hanya keluarga saja, tanpa terlalu mendekorasi rumah hingga anak akan merasa asing di rumahnya sendiri.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading