Sukses

Parenting

Tips Mengatur Penggunaan Gadget pada Anak (Part 2)

Kemajuan teknologi saat ini bisa membawa manfaat dan juga kerugian pada anak-anak. Supaya anak-anak tidak mendapatkan kerugian dari gadget-gadget canggih masa kini, Bunda wajib mengatur dan mengawasi penggunaan gadget pada buah hati Anda.

Di artikel sebelumnya telah disebutkan beberapa tips untuk mengatur dan mengawasi penggunaan gadget pada anak. Selain itu, berikut ini masih ada beberapa tips lainnya yang bisa Anda lakukan untuk mengatur penggunaan gadget pada anak seperti yang dilangsir dari situs discipline.about.com.

Jelaskan pengaruh buruk dari gadget
Sangat penting bagi anak-anak untuk memahami risiko dan pengaruh buruk dari penggunaan gadget. Jelaskan bagaimana berada di depan televisi atau komputer bisa merusak kesehatan mata mereka.

Jelaskan pula mengapa permainan yang penuh kekerasan bisa berbahaya bagi anak-anak. Bunda juga dapat menceritakan kisah penculikan yang bisa terjadi akibat sembarangan berkenalan dengan orang asing di media sosial.

Minta kata kunci akun media sosial anak
Untuk hal yang satu ini bisa disesuaikan dengan usia anak dan nilai-nilai yang Anda pegang. Jika keduanya pas, maka Bunda bisa meminta kata kunci dari semua akun media sosial milik buah hati Anda.

Sangat penting bagi Bunda untuk membuat peraturan tentang apa saja yang boleh diikuti oleh anak di dunia maya. Anak-anak yang masih kecil membutuhkan bimbingan untuk menghadapi masalah di dunia maya seperti cyberbullying.

Ajak anak melakukan kegiatan lain
Anak-anak kadang terlalu terpaku pada gadget sehingga tak jarang mereka tidak tahu apa yang harus dilakukan tanpa gadget. Maka dari itu, ajak buah hati Anda untuk melakukan kegiatan lain untuk mengisi waktu luang.

Bunda bisa mengajak anak-anak pergi ke toko buku dan membaca buku bersama atau mendaftarkan mereka pada klub olahraga dan klub musik. Bunda juga bisa mengajak mereka untuk aktif dan ikut bergabung kegiatan sosial.

Gunakan gadget sebagai hadiah
Manfaatkan penggunaan gadget sebagai hadiah setelah anak-anak melakukan hal yang baik bukan sebagai hak mereka yang harus dipenuhi. Jika anak-anak bersikap baik, maka beri mereka kesempatan untuk menonton televisi, menggunakan komputer, atau bermain video games. Jika anak-anak melanggar peraturan, maka mereka tidak bisa mendapatkan hadiah tersebut.

Jauhkan gadget dari kamar anak
Bunda akan lebih mengawasi penggunaan gadget pada anak jika tidak terdapat gadget di kamar tidur mereka. Maka dari itu, jangan biarkan ada televisi, komputer, laptop, dan video games di kamar buah hati Anda. Bunda juga bisa mengambil ponsel pintar atau tablet milik anak saat mereka akan tidur agar tidak mengganggu waktu tidur buah hati Anda.

Oleh: Lies Nureni

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading