Sukses

Parenting

Demi Masa Depan si Kecil, Ajari Mereka Menabung Sejak Dini Yuk!

Mengatur keuangan adalah sebuah keahlian yang dibutuhkan setiap orang, tak terkecuali putra putri Anda nantinya. Tidak ada ruginya mengajarkan cara menabung sejak mereka masih kecil. Hanya saja, Anda perlu menemukan cara yang mengasyikkan agar putra-putri Anda antusias dengan apa yang diajarkan.

Berikut ini adalah cara-cara kreatif yang bisa Anda lakukan untuk mengajari buah hati Anda menabung sejak kecil dilansir dari moneycrashers.com.

    Menyimpan uang dalam amplop

    Mungkin Anda sudah pernah mendengar atau bahkan familiar dengan cara ini, yaitu dengan menyediakan tiga amplop berbeda. Minta putra atau putri Anda menempelkan gambar sesuatu dengan harga yang cukup terjangkau, misalnya mobil-mobilan. Amplop kedua diberi gambar Disney Land dan amplop ketiga untuk simpanan sehari-hari.

    Membuat daftar pencapaian

    Jika putra atau putri Anda telah menentukan apa saja yang ingin ia beli, ajak dia memperkirakan berapa minggu target itu akan tercapai. Anda bisa menggunakan sebuah kotak untuk mewakili setiap minggunya. Jika jumlah uang dalam seminggu telah tercapai, minta anak Anda untuk menempelkan stiker favoritnya ke kotak tersebut. Lakukan hal itu hingga semua kotak telah ditempeli stiker.

    Berikan iming-iming

    Dalam mengajarinya untuk menabung, Anda sangat disarankan untuk memberinya iming-iming agar mereka lebih semangat. Ketika putra atau putri Anda berhasil menahan diri untuk tidak memakai uang tabungannya, berikan ia hadiah seperti mainan, kaos, buku atau hal-hal yang bisa memotivasinya.

    Berikan contoh yang baik

    Hal lain yang juga ampuh untuk memotivasi anak Anda untuk menabung adalah Anda juga harus menabung. Perlihatkan padanya ketika Anda sedang menyimpan uang ke dalam amplop atau wadah dan katakan padanya itu adalah tempat tabungan Anda.

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading