Sukses

Parenting

Panduan Membesarkan Anak Bahagia (2)

Bunda, Anda sekarang sudah mengetahui beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membesarkan anak agar mereka tumbuh bahagia. Nah, kini saatnya Anda mengetahui beberapa hal lagi dari saliran laman RD.com, agar tak asal membesarkan anak.

- Tidak mudah bagi anak untuk mengatasi hal yang belum dikuasainya, seperti menyusun puzzle atau mengikat tali sepatu. Namun nih Bun, kecenderungan yang biasanya dilakukan adalah mengatakan ‘kamu pasti bisa, sayang’ yang terkadang akan membuatnya merasa tertekan dan bersalah saat ia masih tak bisa juga. Sebaiknya, katakan bahwa ia tak perlu tergesa bisa, ia bisa mencobanya nanti dengan masih Anda bimbing.

- Jangan terlalu memenuhi hari anak Anda dengan kursus ini dan itu, atau kegiatan ini dan itu yang bahkan menyita waktunya bermain. Ingat nih Bunda, saat usia kecil anak Anda sedang memiliki kemampuan imajinasi yang hebat, yang akan sangat berguna jika ia bisa memanfaatkan kemampuannya tersebut untuk menciptakan hal yang mungkin tak pernah diajarkan di tempat kursus.

- Memberi anak terlalu banyak mainan hingga ia kurang mampu bermain dengan dirinya sendiri biasanya akan membuat mereka tumbuh menjadi anak yang mudah bosan saat tak ada mainan di sekitarnya. Sediakan beberapa mainan saja agar ia masih bisa memanfaatkan kemampuan dalam dirinya.

Nah Bunda, panduan-panduan seperti yang telah Anda ketahui perlu didukung pula dengan kesabaran Anda dan pasangan dalam mendidiknya.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading