Sukses

Parenting

Cara Mendidik Anak agar Bahagia

Bunda, rasanya punya kesempatan untuk memiliki anak adalah anugerah yang tiada tara. Apalagi jika Anda bisa merawatnya dan mendidiknya hingga ia menjadi anak yang bahagia. Sayangnya, butuh waktu yang lama untuk melihatnya benar-benar menjadi anak yang bahagia, sehingga perlu Anda melakukan hal yang tepat dalam mendidiknya agar hal tersebut tercapai.

Seperti disalir dari laman RD.com, ada beberapa hal penting yang perlu dilakukan. Perlu dicatat juga agar Anda tak melewatkannya.

- Jadwal penuh untuk kursus tak selalu baik untuk anak. Anak harus punya waktu yang cukup untuk mengembangkan kreativitasnya dengan caranya sendiri. Biarkan sekelilingnya dieksplorasinya sendiri dengan kemampuannya, sehingga jadwal pun bisa seimbang.

- Tak harus Anda membuat anak Anda selalu merasa bahagia sehingga Anda memberikan semua yang ia mau. Hal itu justru membuatnya menjadi orang yang kurang realistis, di mana dalam hidup perasaan seperti kecewa, sedih, dan marah itu biasa. Hanya saja, perlu diberitahu cara menghadapinya dengan pas.

- Saat anak Anda menceritakan dan mencurahkan perasaannya, jangan langsung memberinya respon. Tunggu hingga ia selesai, lalu berikan tanggapan yang baik. Jika ia salah, berikan pemahaman bahwa yang dilakukannya kurang baik tanpa harus menghakiminya, namun jika ia benar, jangan terlalu memujinya agar dia tidak mudah puas atau sombong.

Nah Bunda, yang terpenting adalah Anda bisa melakukannya bersama dengan suami Anda, agar sikap dan karakter anak yang baik pun mudah terbentuk.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading