Sukses

Parenting

Ajarkan Anak Cara Hidup Hemat!

Bunda, ada banyak hal yang perlu Anda ajarkan pada anak Anda, termasuk cara untuk hidup hemat. Terlebih lagi ketika harga-harga barang sekarang sudah mulai naik, Anda pun mau tidak mau harus menekan pengeluaran. Untuk itu, dengan mengajarkan cara hidup hemat pada anak Anda, Anda pun akan sedikit terbantu.

Dalam kehidupan rumah tangga, pengeluaran-pengeluaran bulanan lah yang biasanya bisa Anda tekan. Contohnya, seperti pengeluaran untuk listrik dan air. Meski keduanya sangat penting, masih ada cara untuk menghematnya.

Bunda, sampaikan pada anak Anda pentingnya menghemat air dan listrik bukan berdasarkan jumlah uang yang harus dikeluarkan. Air dan listrik adalah kebutuhan semua orang, namun terkadang tidak bisa dinikmati semua orang sebab persediaannya yang terbatas. Untuk itu, adalah sebuah pilihan bijak unutk mulai hemat agar listrik dan air bisa dinikmati semuanya.

Mungkin terlalu susah untuk dicerna oleh anak, sehingga Anda perlu mengawalinya dengan ‘matikan jika sudah tidak diperlukan’. Seperti saat televisi tidak sedang ditonton, maka mintalah anak Anda untuk mematikannya.

Selanjutnya, ajarkan anak Anda cara menghemat uang jajan mereka. Sebagaimana disalir laman Wikihow.com, bawakanlah selalu anak Anda bekal dan ingatkan untuk tidak membeli barang yang tidak diperlukan. Atau jika anak Anda masih terlalu bingung untuk membedakan mana yang diperlukan dan mana yang diinginkan, mintalah untuk membicarakannya terlebih dahulu dengan Anda.

Oleh: Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading