Sukses

Parenting

 Bantu Anak Anda Hidup Hemat

Susahkah untuk mulai mengajarkan anak cara hidup hemat, Bunda? Akan lebih mudah lagi jika Anda dan suami Anda bekerja sama untuk mendidik anak Anda agar bisa berhemat sejak dini. Believe it or not, Bun, jika sudah menjadi kebiasaan anak Anda sejak kecil, hingga besar ia akan lebih mudah menjadi pribadi yang hemat.

Sebagaimana saliran laman Wikihow.com, ada beberapa hal lagi yang bisa dan perlu Anda ajarkan pada anak Anda agar bisa berhemat. Berikut ini caranya, Bun.

1- Jika Anda termasuk orang tua yang rutin memberikan uang saku per hari pada anak Anda, maka akan lebih mudah baginya untuk menabung, Bun. Yups, menabung adalah cara pertama agar anak Anda hemat. Mintalah anak Anda untuk menyisihkan sebagian dari uang sakunya dan memasukkannya ke celengan.

2- Celengan? Tidak perlu beli, ajarkan anak Anda cara membuatnya dengan kaleng-kaleng atau toples bekas di rumah. Ada banyak panduan membuat celengan di Youtube atau laman-laman lain, bukan? Selain menghemat, anak Anda pun akan belajar untuk lebih kreatif dengan memanfaatkan barang tak terpakai.

3- Tanamkan kebiasaan untuk beramal pada anak Anda. Bukan dari uang yang sudah disisihkannya, melainkan dari uang sakunya sendiri, Anda perlu mulai mengajarkannya pentingnya berbagi agar ia bisa mulai bersyukur dengan hidupnya sekarang dan peka terhadap orang lain di lingkungannya yang mungkin kurang beruntung.

Nah Bunda, segera lakukan ya. Sebelum dunia luar dan pergaulan anak Anda menanamkan kebiasaan lain, Anda harus sudah menanamkan pentingnya berhemat.

Oleh:Kamilah

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading