Sukses

Parenting

Ingin Produksi ASI Lancar dan Melimpah? Ikuti 5 Tipsnya

Bunda, punya masalah dengan produksi air susu ibu (ASI)? Jika produksi ASI tidak lancar, maka bayi kita juga akan kesulitan untuk mendapatkan asupan gizi dan nutrisi yang dibutuhkannya. Sebagai ibu, kita pastinya ingin memberikan yang terbaik untuk buah hati kita kan?

Dilansir dari mom365.com, ada sejumlah tips yang bisa Anda ikuti untuk membuat produksi ASI lancar dan melimpah.  Tips-tips di bawah ini juga meliputi makanan apa saja yang sebaiknya Anda konsumsi secara rutin. Lebih jelasnya, yuk langsung kita simak uraiannya di bawah ini.

    Minum Air Putih Cukup

    Air putih adalah aspek paling esensial untuk memastikan produksi ASI Anda lancar. Setidaknya minumlah air putih 8 gelas sehari atau disesuaikan dengan kebutuhan. Di awal-awal masa menyusui, selalu sediakan air putih setiap kali Anda akan menyusui buah hati Anda. Ketika menyusui, biasanya Anda akan mudah haus.

    Konsumsi Oatmeal

    Oatmeal adalah jenis makanan yang baik untuk menjaga produksi ASI Anda. Oatmeal bisa membantu menurunkan kolesterol dan menjaga kestabilan tekanan darah. Dan juga manfaat lain mengonsumsi oatmeal adalah bisa meningkatkan produksi ASI.

    Rutin Konsumsi Bawang Putih

    Bunda, ternyata mengonsumsi bawang putih juga bisa meningkatkan produksi ASI Anda. Bawang putih sudah digunakan sejak berabad-abad lalu untuk membuat produksi ASI melimpah. Jadi, jangan ragu untuk menambahkan bawang putih dalam setiap olahan makanan yang Anda konsumsi, ya.

    Konsumsi Wortel

    Wortel ini kaya akan kandungan beta karoten yang sangat dibutuhkan ketika Anda sedang dalam fase menyusui buah hati Anda. Wortel juga sumber karbohidrat dan bisa meningkatkan produksi kalium tubuh Anda. Menjadikan wortel sebagai camilan Anda juga bisa membantu Anda mengembalikan berat badan Anda seperti sebelum melahirkan.

    Konsumsi Buah Pepaya Mentah

    Buah pepaya mentah seringkali dijadikan bahan untuk menu sayur. Anda bisa membuat masakan dari buah pepaya mentah dan mengonsumsinya untuk membuat produksi ASI Anda berlimpah. Di Asia sendiri, pepaya mentah sudah dikenal sebagai jenis laktagog tradisional (yang bisa merangsang produksi ASI).

Ada juga beberapa jenis makanan lain yang bisa Anda konsumsi untuk meningkatkan produksi ASI, seperti kacang-kacangan, biji wijen, dan jahe. Perlu diperhatikan juga kalau-kalau Anda punya alergi terhadap makanan tertentu. Sangat disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter untuk memastikan bahan-bahan makanan apa saja yang aman untuk dikonsumsi ketika Anda dalam fase menyusui.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading