Sukses

Parenting

Penyakit Langka Membuat Bayi Ini Memakai Mata Buatan Seumur Hidupnya

Sebuah kondisi langka pada bayi, terjadi pada 0.1 persen dari 50 ribu kelahiran. Kondisi ini, dalam istilah medis disebut anophthalmia. Anophthalmia adalah cacat bawaan, yang menyebabkan bayi tidak memiliki bola mata.

Seperti dilansir dari dailymail.co.uk, seorang bayi laki-laki bernama Richie (3bulan) asal Arizona, AS, saat ia lahir, perawat mengira jika ia tidak dapat membuka mata, akibat wajahnya yang masih bengkak, karena baru lahir.

Setelah dua minggu, mata Richie tetap saja tidak membuka. Akhirnya Richie diperiksakan ke lab, dan kemudian dilakukan MRI scan. Dari hasil scan, memperlihatkan bahwa Richi, memang tidak memiliki bola mata.
Richie tidak memiliki bola mata sejak lahir | foto: copyright dailymail.co.uk
Kelly Lopez, ibunda Richie, sedih sekali melihat hasil diagnosa anaknya. Ia mengaku, padahal saat hamil kondisinya normal dan sehat-sehat saja.

Dari hasil uji tes kesehatan mata, Richie terbukti menderita penyakit langka, anophthalmia. Namun, Kelly tidak putus asa, ia berharap agar dunia kedokteran dan pakar pengobatan menemukan solusi untuk kesembuhan anaknya.
Penyakit langka ini disebut anophthalmia | foto: copyright dailymail.co.uk
Anophthalmia, disebabkan oleh beberapa faktor, seperti mutasi genetik dan kromosom yang abnormal. Peneliti juga percaya, bahwa faktor lingkungan, seperti paparan sinar X, bahan kimia, obat-obatan, pestisida, racun, radiasi atau virus.

Tidak ada pengobatan untuk kelainan ini. Namun, jika kondisinya ringan, dapat dilakukan perawatan medis, atau bedah kosmetik. Pada kasusĀ  anak-anak, dapat diberikan mata buatan. Mata buatan ini, dipasang saat anak berusia satu hingga dua tahun.
Tidak ada obat untuk penyakit langka ini | foto: copyright dailymail.co.uk
Saat ini, Richie telah menjalani operasi untuk membuat rongga mata. Tindakan ini dilakukan sebagai upaya, agar di masa depan Richie bisa menggunakan mata buatan atau prosthetic. Diharapkan jaringan lunak di sekitar rongga mata Richie tumbuh dengan baik, untuk membantu memperbaiki penampilannya.
ibu Richie, tidak pernah merasakan keanehan saat dirinya hamil | foto: copyright dailymail.co.uk
Semoga Richie bisa menjadi anak yang pintar dan berbakat, meskipun dengan keterbatasannya. Di Amerika juga ada seorang multi instrumental musisi, yang bernama Patrick Henry Hughes (27), yang juga mengalami anophthalmia pada saat lahir. Patrick telah menjadi musisi sukses dan berbakat, yang telah tampil di berbagai negara.

Terbukti ya Ladies, jika keterbatasan tidak menghalangi kesuksesan, selama kita mau berusaha dan pantang menyerah.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading