Sukses

Parenting

Queens of Africa, Saingan Baru Boneka Barbie

Boneka Barbie memang sering jadi pilihan mainan untuk anak-anak perempuan di seluruh dunia. Boneka Barbie banyak diidolakan anak-anak karena paras cantik dan tubuh rampingnya. Tapi berbeda dengan di Nigeria. Kini, anak-anak perempuan di Nigeria lebih memilih boneka yang lain dan bukan Barbie. Boneka yang telah mencuri hati para gadis cilik Nigeria itu bernama Queens of Africa.

Boneka Queens of Africa ini tak kalah menarik dibandingkan boneka Barbie pada umumnya. Bahkan Queens of Africa punya kelebihannya tersendiri. Dilansir dari news.distractify.com, Queens of Africa dibuat untuk melestarikan nilai-nilai budaya Afrika sekaligus menghadirkan rasa bangga pada anak-anak Afrika. Dari gaya busana yang dipakai boneka Queens of Africa pun kita tahu bahwa boneka ini memang secara khusus didesain untuk anak-anak Afrika.

Konsep boneka Queens of Africa pertama kali dibuat pada tahun 2007. Otaknya adalah seorang wirausahawan Nigeria bernama Taofick Okoya. Taofick tergerak untuk membuat boneka Queens of Africa ketika anak perempuannya bilang padanya bahwa andai saja dia punya kulit putih. Demi cintanya kepada sang putri, Taofick pun membuat boneka yang penampilannya mirip dengan putrinya tersebut.


Melalui boneka buatannya, Taofick ingin mengajari putrinya untuk bisa mencintai dirinya sendiri dan bangga dengan warna kulit yang dimilikinya.

Foto: copyright news.distractify.com

Yang mengejutkan, di Nigeria sendiri (negara dengan populasi warga berkulit hitam terbanyak di dunia), Taofick pernah kesulitan untuk memasarkan boneka buatannya di toko mainan. Alasannya karena "boneka berkulit hitam tak menjual". Anak-anak di seluruh dunia banyak yang telah terperangkap dalam konsep standar cantiknya orang-orang Eropa saja. Sehingga banyak anak yang beranggapan bahwa cantik itu ya yang berkulit putih dan bertubuh langsing.

Seiring berjalannya waktu, Queens of Africa pun sudah banyak dicari oleh anak-anak perempuan Nigeria. Taofick berharap ia bisa menambahkan karakteristik khas Afrika dalam boneka ciptaannya untuk memberikan wawasan tentang kecantikan dan keragaman di masa yang akan datang.

Ladies, mainan yang dimainkan oleh anak memang sangat berpengaruh pada tumbuh kembangnya. Konsep tentang kecantikan, misalnya, bisa ia dapat dari boneka yang ia mainkan. Yang perlu diperhatikan adalah agar kita bisa lebih bijak lagi memilihkan mainan untuk anak-anak, setuju?



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading