Sukses

Parenting

Cara Bijak Orang Tua Lindungi Anak Dari Bahaya Internet

Jaringan internet yang semakin mudah dijumpai memberikan kebiasaan buruk bagi anak jika penggunaannya tidak dibatasi dan dipantau oleh orang tua. Tidak jarang anak-anak banyak menghabiskan waktu di depan layar komputer dan melupakan kesehariannya. Untuk hal ini, tentu orang tua memerlukan cara bijak agar anak tidak kecanduan internet. Dilansir dari thehumbledhomemaker.com, inilah yang bisa orang tua lakukan ketika ingin membatasi penggunaan internet dan komputer agar tidak membahayakan anak.

    Buatlah Aturan Penggunaan Komputer

    Agar anak bisa mengatur waktu dengan baik, ajaklah ia untuk menjadwalkan segala kegiatan yang hendak dilakukannya. Buatlah aturan waktu kapan ia diperbolehkan menonton TV, menggunakan komputer dan berhubungan dengan media elektronik lain. Batasi berapa lama anak diperbolehkan ada di depan komputer dan bermain internet. Hal ini cukup sulit memang, namun dengan cara inilah anak-anak bisa membagi waktu dengan baik dan terhindar dari bahaya internet.

    Awasi Dan Dampingi Anak Saat Menggunakan Internet

    Awasi selalu saat anak menggunakan internet. Pastikan ia menggunakan internet secara bijak dan tidak membahayakannya. Tanya apa saja situs yang dikunjungi saat menggunakan internet. Pastikan bahwa ia mengunjungi situs yang memberikan berita positif. Pada setiap komputer memiliki laman yang membantu Anda mengetahui situs apa saja yang pernah dikunjungi.

    Gunakan Password

    Menggunakan password untuk setiap akan melakukan login ke internet bisa membantu anak lebih membatasi penggunaannya. Gunakan password yang sama untuk satu keluarga sehingga hal ini bisa membantu mengoreksi aktivitas anak satu sama lain pada situs internet.

    Nasehat

    Ajak anak berbincang-bincang seputar aktivitas sehari-harinya. Berikan nasehat ketika ia ingin melakukan perbuatan negatif. Yakinkan pada anak-anak bahwa mengenal orang asing melalui media internet tidak baik. Ajak anak-anak untuk mau bercerita tentang masalah yang dihadapi dan usahakan untuk sebisa mungkin membantu mereka. Jangan bosan-bosan untuk selalu memantau dan menasehati anak Anda mengenai penggunaan internet.

    Cari Tahu Kebijakan Layanan Penggunaan Internet

    Tidak semua orang tua memiliki jaringan internet dan komputer di rumah. Dan hal inilah yang sering membuat anak sering pergi ke warung internet ataupun tempat lain yang menyediakan layanan internet. Cari tahu kebijakan di tempat yang menjadi favorit buah hati Anda dalam bermain internet. Pastikan tempat tersebut positif bagi anak dan layanan internet yang diberikan tidak berbahaya.

Itulah beberapa cara bijak yang bisa dilakukan orang tua ketika menginginkan buah hati terhindar dari bahaya internet. Mengingat saat ini gadget semakin canggih, pastikan pula untuk selalu mengecek gadget buah hati Anda. Bersifat terbuka satu sama lain dalam sebuah keluarga disinyalir bisa melindungi setiap anggota tersebut.



(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading