Sukses

Beauty

Bahaya Sering Minum Obat Tanpa Pengawasan Dokter

Rasa malas yang melanda atau karena tidak adanya biaya untuk pergi ke dokter membuat banyak orang memiliki kebiasaan negatif yang tidak dapat dihilangkan. Kita seringkali mengonsumsi obat warung, yang biasa disebut dengan obat tanpa resep dokter.

Terserang demam dan pilek? Minum saja paracetamol. Sakit kepala datang? Minum saja penghilang sakit atau pereda nyeri. Mungkin itulah sebagian orang lakukan, ketika terserang gejala suatu penyakit. Kebiasaan ini jika dilakukan secara jangka panjang akan sangat berbahaya. Terlebih kita tidak mengetahui kadar yang tepat dalam mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Maka dari itu, hentikan kebiasaan tersebut sekarang juga. Dikutip dari fda.gov, ada beberapa alasan kenapa Anda harus menghentikan kebiasaan tersebut:

 

    Dosis Yang Tidak Tepat


    Sebuah obat memang mencantumkan seberapa banyak kandungan yang terdapat di dalamnya. Namun jika Anda sembarangan meminum obat, bisa saja Anda over-dosis, dengan disertai gejala-gejala yang lainnya.

    Kecanduan Obat


    Saat Anda menelan obat secara terus-menerus untuk sakit yang ringan, maka Anda bisa saja kecanduan obat tersebut. Hal ini sangat berbahaya, jika dilakukan saat Anda terserang suatu penyakit. Karena bisa saja, tubuh gagal untuk merespon terhadap suatu penyakit nantinya.

    Berbahaya Untuk Wanita Hamil

    Jangan pernah mengkonsumsi obat-obatan jika Anda sedang hamil, sebisa mungkin jauhkan. Dan jika sakit, lebih baik konsultasikan dengan dokter kandungan. Agar kelahiran anak Anda tidak bermasalah.

    Keracunan

    Beberapa orang sering mengkonsumsi multivitamin tanpa resep dokter, hal ini tentu sangat berbahaya. Karena beberapa multivitamin bisa menyebabkan keracunan. Jadi lebih baik mengkonsumsi makanan yang sehat dan bergizi.

    Obat Palsu

    Obat palsu yang terkontaminasi efek sampingnya sangat berbahaya. Zat aktif yang salah, dengan jumlah yang salah bisa mengakibatkan hal yang fatal. Apalagi dengan kemasan palsu yang terlihat asli.

Kesehatan merupakan hal yang paling utama dalam kehidupan manusia. Jadi menggunakan obat-obatan bebas, dapat membahayakan Anda. Mencegah adalah langkah terbaik menghindari bahaya mengobati diri sendiri. Hati-hati adalah kata kunci dari semua persoalan ini. Yuk Ladies tingkatkan kewaspadaan kita. Tentunya dengan meminum obat menurut resep dalam pengawasan dokter.

(vem/chi)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading