Sukses

Parenting

Bayi Bisa Melihat Ketakutan Orang Dewasa Dari Bola Matanya

Anak-anak yang baru lahir dan berkembang memang memiliki banyak keajaiban yang bisa kita temui sembari mereka tumbuh. Baru-baru ini, Dailymail menyampaikan science terbaru mengenai fakta anak-anak dan balita. 

Bagi beberapa orang dewasa dan orang tua, mungkin masih canggung menghadapi anak kecil. Sehingga ada kalanya kita merasa masih takut dengan reaksi mereka. Hal ini wajar terjadi. 

Namun ternyata anak-anak itu bisa mengetahui perasaan takut itu. Dengan melihat ekspresi bola mata kita, mereka bisa mengerti sinyal ketakutan yang ada di dalamnya. Mereka mengenali ekspresi mata ketakutan yang dijelaskan berupa mata terbuka dengan bagian putih atau sklera yang lebih lebar dari bagian tengahnya. 

Penelitian ini ditemukan oleh ilmuwan Max Planck Institute for Human Cognitive and Brain Sciences di Leipzig terhadap uji coba pada 24 orang bayi dan berikutnya 22 bayi. Menurut penelitian tersebut, saat bayi melihat ekspresi takut itu, reaksi yang timbul dari otak mereka adalah rasa cemas dan takut. 

Hal ini penting sebagai informasi untuk mereka yang baru memiliki anak atau akan mulai menjalani rutinitas dengan anak-anak kecil, terutama usia bayi dan balita. Interaksi antara orang dewasa dengan anak-anak akan saling mempengaruhi, baik dari segi pengasuhan maupun bagaimana respon dan perkembangan anak ke depannya. 

Agar tidak terlalu stres atau canggung menghadapi anak-anak, coba lakukan pemanasan dengan beberapa hal imajinatif dan lucu, misalnya permainan yang membuat anak-anak maupun Anda merasa lebih nyaman. 

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading