Sukses

Parenting

Pelantikan Anggota KidZania Congrezz Yang Bertemakan 'A Hopeful Future'

Tak kalah dengan dewan perwakilan rakyat yang sesungguhnya, sebagai anak kecil, anggota KidZania Congrezz ini juga memiliki visi dan misi. KidZania Congrezz merupakan salah satu event terbesar dwitahunan KidZania Jakarta untuk mencari empat belas (14) anak-anak berprestasi yang akan bermain peran menjadi anggota dewan perwakilan rakyat KidZania dalam lembaga yang disebut KidZania Congrezz.

Anggota KidZania Congrezz yang disebut CongrezzKid ini bertugas selayaknya anggota dewan perwakilan rakyat di suatu negara. Anggota KidZania Congrezz terdiri dari anak-anak berusia 10-16 tahun, yang berprestasi di sekolah dan di luar sekolah. Setiap anggota KidZania Congrezz ini mempunyai hak untuk bermain dan menikmati fasilitas permainan di KidZania Jakarta secara gratis selama dua tahun bersama satu orang pendamping.

Press Conference perwakilan anggota CongrezzKid KidZania | copyright vemale.com

Setelah dilantik sebagai anggota KidZania Congrezz periode 2014 – 2016, para CongrezzKid dibagi menjadi 6 komisi yakni komisi pendidikan, komisi politik dan keamanan, komisi ekonomi, komisi komunikasi, komisi sosial dan komisi kesehatan. Bersama-sama mereka merumuskan visi dan misi mengenai a Hopeful Future serta menentukan langkah-langkah yang akan diterapkan demi mencapai a Hopeful Future.

“ Tema Imagining A Hopeful Future ini diangkat karena melihat banyaknya anak-anak Indonesia yang berkeinginan kuat untuk mencapai impiannya dan ingin mempunyai masa depan yang cerah. Hal ini sering terlihat disekitar kita dimana anak-anak sangat bersemangat belajar dan berkompetisi untuk menjadi yang terbaik. Maka dari itu KidZania merasa terpanggil untuk berkontribusi mematangkan generasi penerus bangsa lewat KidZania Congrezz ini “, demikian penjelasan Ibu Uchu, Mentor Minister KidZania Jakarta.

Pembacaan sumpah anggota KidZania Congrezz 2014-2016 | copyright vemale.com

Sebagai anggota dewan perwakilan rakyat, para CongrezzKid perlu memahami cara kerja pemerintah daerah serta mengetahui kualifikasi yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Oleh karena itu para CongrezzKid melakukan kunjungan kerja ke gedung balai kota Jakarta untuk bertemu dan berdialog dengan pelaksana tugas Gubernur Jakarta Bapak Ir. Basuki Tjahaja Purnama pada hari Kamis, 30 Oktober 2014.

Dalam kunjungan ini para CongrezzKid berkesempatan melakukan tanya jawab dengan Plt. Gubernur dan melakukan tur di dalam gedung balaikota. Selain itu demi memahami hukum dan ketatanegaraan, para Congrezz diberikan edukasi oleh Bapak Yusril Ihza Mahendra pada Jumat, 31 Oktober 2014 di KidZania Jakarta.

 Penyerahan plakat oleh Ibu Uchu selaku Mentor Minister KidZania Jakarta kepada salah satu dewan juri bapak Bayu Priawan Djokosoetono | copyright vemale.com

KidZania Congrezz 2014-2016 yang didukung oleh Pocari Sweat, BCA, Gen Fm, Mandom, dan Pertamina ini berhasil menjaring dan menyeleksi 200 putra-putri bangsa terbaik dari 100 sekolah di Jabodetabek untuk menjadi calon anggotanya. Pembukaan pendaftaran dan proses seleksi yang ketat telah selesai dilakukan pada 29 September sampai 6 Oktober 2014 lalu. Sebanyak 200 anak usia sekolah dasar dan sekolah menengah pertama berpartisipasi dan menjadi wakil dari sekolah masing-masing.

Adapun para juri yang menyeleksi para peserta antara lain Muhammad Kerry Riza (Presiden KidZania), Eep Saefulloh Fatah (pengamat politik dan CEO Pollmark Inc), Alexandra Asmasoebrata (pembalap formula Renault Asia dan pembalap perempuan pertama di Indonesia), Astrid Wulansari (psikolog anak), Bayu Priawan Djokosoetono (komisaris Blue Bird Group) dan Luhur Budijarso (ketua APSAI-Asosiasi Perusahaan Sahabat Anak Indonesia). Mereka diuji tentang wawasan, minat, bakat, ilmu pengetahuan, kemampuan memimpin, serta visi misi mereka dalam memajukan kota KidZania.

 

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading