Sukses

Beauty

3 Alasan Mengapa Menangis Itu Sehat

Ladies, seringkali jika Anda sedih, putus cinta, sedang mengalami situasi yang sulit, sedang sakit atau bahkan hanya karena terlalu emosional menonton film, Anda bisa saja mengeluarkan air mata dan menangis. Anda bahkan mungkin bisa menangis keras dan lama karena suatu hal.

Mungkin orang lain akan menghentikan Anda atau mencegah Anda agar tidak menangisi sesuatu, atau mungkin Anda sendiri menyuruh diri Anda untuk menahan perasaan dan tidak ingin terlihat lemah dan malu sehingga Anda tidak menangis. Namun tahukah Anda bahwa seperti dikutip dari news.health.com, menangis sebenarnya sangat sehat. Beberapa manfaat menangis adalah:

Membantu melepas stres
Saat Anda menangis, seringkali merupakan saat puncak di mana Anda sudah tidak bisa menahan perasaan Anda lagi, dan ini lebih baik tidak ditahan. Ketika menangis, Anda mengeluarkan mineral mangan yang menyebabkan perubahan mood dari dalam tubuh. Mineral ini akan dilepaskan dan perasaan Anda akan jauh lebih baik.

Justru jika Anda menahan perasaan yang membuncah di dalam hati, Anda akan memicu stress dan perasaan tertekan. Adrenalin yang seharusnya dikeluarkan, jadi beban pikiran dan membuat Anda semakin lelah. Anda mungkin akan terisak, namun tidak masalah, tarik nafas dalam beberapa kali dan Anda akan merasa jauh lebih baik dan optimis.

Membantu menguatkan hubungan Anda
Penelitian menemukan fakta mengejutkan bahwa ketika Anda bertengkar dengan pasangan Anda dan berakhir dengan menangis, maka hal itu akan menarik rasa kasih sayang dan dukungan dari pasangan dan membuat hubungan Anda lebih erat satu sama lain. Anda akan memahami satu sama lain dan menjadi lebih dewasa dalam menjalin hubungan.

Mampu meningkatkan mood Anda
Memang benar jika Anda perlu menangis sesekali. Meski memang mungkin Anda malu menangis di depan umum, di depan teman-teman kantor Anda atau yang lainnya, namun menangis lah sesekali jika keadaan membuat Anda tidak tahan. Hal ini akan membantu Anda merasa bahagia nantinya baik secara fisik maupun psikologis karena Anda mampu melepas emosi berlebihan.

Jadi, jika memang sakit, katakan sakit. Jika masalah memang sudah membuat Anda lelah dan Anda tidak kuat hingga ingin menangis, maka menangis lah. Itu justru akan membuat Anda lega dan secara perlahan Anda akan kembali ke diri Anda yang sebelumnya.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading