Sukses

Beauty

Apa yang Sebaiknya Dilakukan Setelah Semalaman Begadang?

Begadang memang sangat tidak disarankan karena sejumlah dampak negatifnya. Terlalu sering begadang bisa meningkatkan risiko kita terkena berbagai penyakit seperti stroke, kegemukan, dan gangguan daya ingat. Tapi jika kita terpaksa begadang untuk menyelesaikan pekerjaan atau kesibukan lainnya, bagaimana cara memulihkan kondisi tubuh?

Dilansir dari shape.com, ada sejumlah cara yang bisa Anda lakukan keesokan harinya (setelah semalaman begadang) untuk mendapatkan kembali kondisi tubuh yang optimal dan fit. Penasaran? Ikuti cara-caranya di bawah ini.

    Kontrol Nafsu Makan Anda

    Penelitian menunjukkan bahwa orang yang kurang tidur biasanya akan mengonsumsi makanan instan atau junk-food dan mengonsumsi banyak kalori dibandingkan orang yang mendapatkan tidur cukup. Setelah begadang, biasanya Anda ingin menikmati makanan yang serba manis dan berkalori. Kontrol diri Anda karena mengonsumsi makanan tak sehat secara berlebihan hanya akan memperburuk kondisi tubuh Anda.

    Konsumsilah Makanan yang Mengandung Ini

    Untuk kembali berenergi setelah semalaman begadang, konsumsilah makanan yang mengandung protein rendah lemak dan makanan dengan kandungan gula alami. Anda bisa memilih kacang-kacangan, daging rendah lemak, atau buah-buahan segar.

    Jalan-Jalan Sejenak

    Menggerakkan tubuh bisa membantu tubuh Anda untuk mengeluarkan sinyal-sinyal ke otak untuk tetap terjaga. Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa jalan kaki singkat bisa membuat kita lebih kreatif di tempat kerja. Jika Anda jalan-jalan di luar ruangan dan mendapatkan sinar matahari langsung, maka Anda bisa merasa lebih berenergi.

    Jangan Berlebihan Mengonsumsi Kafein

    Terlalu banyak mengonsumsi kafein bisa membuat Anda merasa cemas dan gelisah. Setelah begadang, jangan buru-buru menikmati kopi dalam gelas besar. Tetaplah konsumsi kafein dalam porsi normal (sekitar 100-200 miligram kafein per cangkirnya), dan minum setiap tiga hingga empat jam sekali.

    Tidur Sejenak

    Agar bisa mempertahankan energi dan kinerja selama beberapa jam, tidurlah 10-20 menit. Demi kesehatan otak dan kestabilan kerja Anda, usahakan Anda tetap bisa mendapatkan istirahat cukup setelah begadang semalaman.

Yang penting lagi adalah untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Dehidrasi bisa membuat Anda merasa pening seharian, apalagi setelah begadang semalaman. Let's stay fit and healthy!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading