Sukses

Parenting

10 Hal yang Harus Sudah Diketahui Anak di Usia 15 Tahun

Mendidik dan mengasuh anak memang bukan perkara mudah. Sebagai orang tua, kita pasti selalu menemukan tantangan dan masalah baru dalam mengasuh anak kita. Belum lagi dengan pola asuh yang berbeda antara Anda dan suami Anda. Tapi seperti yang dilansir dari lifehack.org, ada beberapa hal yang sudah harus dipahami oleh seorang anak ketika ia mencapai usia 15 tahun.

  1. Orang tua juga manusia. Terkadang bisa bersikap keras pada anak tapi juga tak jarang membuat kesalahan.
  2. Membuat keputusan sendiri. Anak di usia 15 tahun harus sudah bisa memastikan bahwa ia dapat membuat keputusannya sendiri, tentunya keputusan yang bertanggung jawab dan sudah diperhitungkan dengan baik.
  3. Fokus pada masalah. Masalah akan selalu hadir dan muncul. Dan yang perlu dilakukan adalah berfokus pada masalah yang dihadapi sehingga bisa menemukan jalan keluar, bukan pada emosi atau perasaan yang sesaat.
  4. Fokus pada kelebihan yang dimiliki. Saat mencapai usia 15 tahun, anak sudah harus memiliki pemahaman tentang kelebihan apa yang ia miliki. Dengan begitu, ia sudah akan bisa menentukan arah kehidupan suksesnya.
  5. Setiap orang itu unik. Tak ada orang yang sama, itulah kenapa dunia begitu berwarna karena setiap orang itu unik.
  6. Usahakan suaramu bisa didengar, tapi dengan cara yang tepat. Anda perlu mengarahkan bagaimana cara agar anak Anda bisa menyampaikan suaranya dan didengar oleh banyak orang melalui cara yang tepat.
  7. Seks dan hubungan percintaan. Di usia remaja, anak bisa sangat terpengaruh oleh apa yang ia lihat, dengar, dan tahu. Sebagai orang tua, Anda harus memberikan arahan edukasi seks yang tepat agar anak Anda tak salah langkah.
  8. Cara mengontrol emosi. Remaja pasti memiliki emosi yang naik turun. Anda sebagai orang tua perlu menunjukkan bagaimana cara yang tepat untuk menyalurkan emosi dan perasaan.
  9. Belajar bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Bantu anak Anda untuk memahami bahwa belajar bisa dilakukan dengan cara yang menyenangkan dan positif, tak melulu hanya membaca buku catatan yang membosankan.
  10. Cara membedakan mana yang dibutuhkan dan diinginkan. Arahkan anak Anda untuk selalu bertanya pada diri sendiri ketika akan membeli sesuatu, apakah ini adalah benda yang sangat dibutuhkan atau hanya diinginkan belaka?



“There are only two lasting bequests we can hope to give our children. One of these is roots, the other, wings.” — Johann Wolfgang von Goethe

Peran menjadi orang tua bisa dibilang adalah peran yang paling berat. Tapi bagaimana pun, ketika menjadi orang tua, Anda juga akan belajar banyak hal dari anak-anak Anda serta berbagai tantangan lain yang muncul.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading