Sukses

Beauty

Merawat Batuk Sesak Nafas Karena Virus

Bunda, apakah anak kesayangan Anda mengalami batuk sesak nafas karena infeksi virus? Jika ya, jangan biarkan ya Bunda, karena kasihan sekali jika anak terus-terusan menderita kesulitan bernafas. Apalagi, anak dengan riwayat keluarga asma akan lebih rentan terkena penyakit ini dan kemungkinan akan lebih susah sembuh juga.

Penderita batuk sesak nafas bisa mendapatkan perawatan rumah sakit atau rawat jalan di rumah saja, tergantung tingkat keparahan.

Jika anak Anda hanya menderita batuk sesak ringan, maka Anda bisa merawatnya sendiri di rumah dengan memberikan lingkungan dan makanan yang sesuai, dan penyakit ini akan membaik dalam 3 hingga 4 hari.

Penyakit ini juga seringkali bertambah parah di malam hari karena paparan udara dingin. Oleh karena itu, kidshealth.schn menyarankan Anda untuk membuat lingkungan rumah selembab dan sehangat mungkin, agar peradangan anak bisa cepat membaik.

Anda bisa menyalakan shower air panas di kamar mandi atau meletakkan sebaskom air panas di sisi ranjang agar anak bisa bernafas lebih lega. Namun, berikan terapi uap ini secukupnya saja ya Bunda, karena jika berlebihan, batuk sesak ini akan menjadi lebih parah.

Buatlah anak Anda senyaman mungkin dan berilah kelembutan serta ketenangan pada anak, karena gangguan pernafasan ini akan memburuk ketika anak marah, menangis, atau merasa terganggu dan stress atas penyakitnya tersebut. Serta, berikan banyak-banyak asupan cairan pada anak.

Waspadai bila anak tidak merespon tindakan ini, dan menunjukkan gejala berupa kelelahan, detak jantung cepat, pucat, dan muncul warna kebiru-biruan pada kulit. Untuk kasus seperti ini, segera bawa anak ke rumah sakit untuk mendapatkan pertolngan lebih lanjut.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading