Sukses

Parenting

Merawat Batuk Bayi Karena Bronkiolitis

Penyakit yang merupakan salah satu jenis batuk bayi ini sering membuat orangtua kalang kabut, meskipun baru mendengar namanya. Padahal, penyakit ini tergolong penyakit ringan dan tidak memerlukan rawat inap lho, alias Bunda bisa merawat si kecil sendiri di rumah.

Jika bayi menunjukkan gejala bronkiolitis seperti batuk, sulit makan, demam, dan napas tersengal-sengal, jangan langsung panik ya, Bunda. Seperti yang disarankan oleh raisingchildren.net.au, hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menjaga diri Anda tetap tenang dan mengusahakan bayi dalam kondisi hangat, nyaman, dan setenang mungkin. Hal ini penting, karena tangisan bayi akan semakin memperburuk kondisi bronkiolisnya, dan membuat bayi semakin susah bernafas. Sedangkan suhu hangat bisa meredakan batuk dan membantu pernafasan si kecil.

Langkah selanjutnya adalah memberi bayi asupan cairan, sedikit-sedikit saja namun sering ya, Bunda. Misalnya, susui ia tiap jam ketimbang 3 jam sekali seperti biasanya. Gendong anak dalam posisi tegak atau duduk untuk membantunya bernafas lebih lancar. Pastikan ia meminum banyak cairan. Bila harus, berikan paracetamol untuk menurunkan demamnya, namun jangan memberinya anti-biotik karena hal ini tidak disebabkan oleh bakteri.

Meskipun jarang terjadi, bronkiolitis bisa berkembang lebih serius dan memerlukan rawat inap. Bronkiolitis bisa bertambah parah apabila anak mempunyai riwayat penyakit jantung, paru-paru, dan kelainan sistem daya tahan tubuh. Terkadang, hal ini juga bisa terjadi apabila anak dehidrasi, kekurangan asupan nutrisi, atau membutuhkan oksigen. Bila hal ini terjadi, dokter mungkin akan memberikan infuse, oksigen tambahan, atau obat anti asma pada bayi yang sudah lebih tua.

 

Oleh: Adienda Dewi S.

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading