Sukses

Parenting

Anakku Gampang Cemas dan Takut, Apa yang Harus Kulakukan?

Ketika melihat anak kita mudah takut dan cemas terhadap sesuatu, sebagai orang tua kita bisa jadi sangat khawatir. Rasa cemas dan takut itu normal jika tidak berlebihan. Tapi ketika anak sudah berlebihan dalam rasa cemas dan takutnya, hingga mengarah ke paranoid, Anda bisa mengikut sejumlah tips yang dilansir dari huffingtonpost.com berikut ini untuk mengatasinya.

    Buat Daftar Rasa Cemas

    Luangkan waktu bersama anak Anda, lalu ajak ia untuk menuliskan beberapa hal yang sering membuatnya cemas dan takut. Menuliskan hal-hal yang membuat cemas akan mengurangi tekanan dari rasa cemas tersebut. Dan cara ini juga bisa membantu Anda untuk mencari solusi yang tepat sesuai dengan masalah yang dihadapi anak Anda.

    Melatih Cara Berpikir

    Ajaklah anak Anda untuk melatih cara berpikirnya. Saat rasa cemas itu datang, latihlah anak Anda untuk bisa mengucapkan kata-kata yang positif terhadap diri sendiri. Misalnya, saat ia takut karena belum dijemput di sekolah, Anda bisa mengajarinya untuk berkata bahwa, "Ibu pasti akan menjemputku karena ia selalu melakukannya setiap hari." Cara berpikir yang dibentuk sedari kecil seperti ini akan membangun karakter dirinya nanti ketika dewasa.

    Nutrisi dan Tidur yang Cukup

    National Sleep Foundation menyarankan agar anak usia 3-5 tahun mendapatkan 11-13 jam waktu tidur setiap malam. Sementara anak usia 5-12 tahun mendapatkan tidur 10-11 jam per malam. Sedangkan anak remaja butuh sekitar 9,25 jam per malam (atau 8,5 jam). Selain itu, banyak anak yang mengalami tekanan darah rendah yang biasanya terjadi beberapa jam setelah sarapan. Pastikan anak Anda mendapat asupan protein yang cukup dan jauhkan anak Anda dari konsumsi kafein dan minuman berenergi.

    Olahraga

    Olahraga bisa memacu adrenalin. Untuk anak-anak, olahraga bukan hanya menyehatkan tetapi juga bisa membantunya untuk menghilangkan rasa cemas. Segala kegiatan yang bisa memacu adrenalin dan mempercepat detak jantung dapat membantu anak untuk menghilangkan rasa cemas berlebihannya.

    Biarkan Anak Melakukan Kegiatan yang Disukainya

    Saat rasa cemas melanda, ajaklah anak Anda untuk melakukan kegiatan yang ia sukai. Anda bisa memberinya waktu untuk sendiri dan memilih sendiri kegiatan yang ia suka. Cara ini akan membantu anak Anda menghilangkan rasa cemas dengan menggantinya melalui rasa bahagia.

Satu lagi yang penting adalah sampaikan pada anak Anda bahwa merasa cemas dan khawatir itu adalah hal yang normal. Semua orang juga pasti merasakannya. Hanya saja tekankan bahwa perlu adanya kontrol diri untuk mengatur rasa cemas itu dan mengubahnya jadi sesuatu yang positif.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading