Sukses

Parenting

Yuk, Kenali Beda Alergi Susu dan Intoleransi Laktosa

Si kecil tidak bisa minum susu sapi? Biasanya, dalam kasus seperti ini, Moms akan langsung menuduh alergi susu sebagai biang si kecil tak bisa minum susu sapi.

Padahal, selain alergi susu sapi, ada kemungkinan kalau si kecil ternyata mengalami intoleransi laktosa. Lho, baru lagi? Apa itu intoleransi laktosa?

Dilansir dari bidanku.com, intoleransi laktosa adalah keadaan di mana si kecil kesulitan mencerna laktosa yang ada di dalam susu sapi. Ini akan menyebabkan beberapa masalah pada si kecil, seperti sakit perut dan produksi gas yang meningkat.

Biasanya si kecil akan menunjukkan rasa sakit setelah minum susu, dan beberapa di antaranya akan mengalami kesulitan tidur dan tiba-tiba terbangun. Beberapa masalah lain yang bisa muncul adalah adanya eksim, kulit menjadi kering dan ada beberapa benjolan putih yang biasanya akan menyebar ke seluruh bagian tubuh.

Sementara itu, dilansir dari gejalapenyakitmu.blogspot.com, kalau alergi susu sapi disebabkan oleh kesalahan sistem imun, maka tidak demikian dengan intoleransi laktosa. Kedua hal ini memiliki gejala yang berbeda dan tentunya memerlukan penanganan yang berbeda pula.

Biasanya anak akan mengalami diare dan kembung setelah mengonsumsi susu sapi, atau produk yang mengandung susu.

Kenali gejalanya, dan tangani dengan tepat agar si kecil bisa kembali sehat.

Oleh: Rana Arinda

(vem/)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading