Sukses

Parenting

Apa Saja yang Bisa Dipelajari Orang Tua dari Anaknya?

Orang tua memang memiliki peran yang penting untuk tumbuh kembang anaknya. Pada umumnya orang tua yang akan mengajarkan banyak hal pada anaknya, tetapi ternyata orang tua pun bisa belajar banyak hal dari anaknya sendiri.

Orang tua yang bijak pasti bisa mengambil banyak pelajaran dan hal positif dari siapapun termasuk buah hatinya. Berikut ini ada 6 hal umum yang bisa dipelajari orang tua dari anaknya sendiri.

    Menjadi Pemberani

    Semakin dewasa, rasa takut itu bisa semakin meningkat. Cobalah untuk belajar dari anak Anda ketika ia baru pertama kali berjalan atau baru pertama kali belajar naik sepeda. Secara naluriah, anak adalah sosok yang tak pantang menyerah. Ia akan berusaha sekuat mungkin sampai benar-benar bisa. Ketika Anda sering merasa takut dan tak berani untuk melangkah ke depan, coba lihat kembali anak Anda. Dari sorot matanya, Anda pasti bisa menemukan keberanian.

    Menyadari Bahwa Semua Orang Itu Spesial

    Pernahkah Anda melihat mata anak Anda yang menatap Anda dengan antusiasme dan rasa ingin tahu yang besar, seolah-olah segala sesuatunya memiliki keindahan dan keistimewaan tersendiri? Orang dewasa sering bersikap egois dengan menganggap bahwa orang yang berbeda itu adalah musuhnya. Belajar dari tatapan mata anak kecil, kita bisa melihat bahwa sebenarnya segala sesuatunya itu spesial dan memiliki keunikan tersendiri.

    Mempercayai Suara Hati

    Kita semua terlahir di bumi ini dengan sudah memiliki sesuatu yang istimewa dan paling kita butuhkan, yaitu suara hati. Mungkin Anda menyebutnya sebagai insting atau naluri, tetapi yang paling penting adalah untuk kembali mendengarkan suara hati kita dan melakukan hal-hal yang terbaik dalam hidup.

    Mengekspresikan Diri Sebebas-Bebasnya

    Dalam bukunya, Hostage at The Table, George Kohlrieser membahas sejumlah penelitian yang telah dilakukan dan memperlihatkan bahwa wanita pada dasarnya hidup lebih lama daripada pria karena wanita adalah orang yang lebih bebas mengekspresikan perasaannya. Anak kecil adalah makhluk yang paling ekspresif, Anda bisa menjadikannya contoh untuk bisa lebih bebas lagi berekspresi dan merasa lebih bahagia.

    Selalu Berkata Benar

    Anak-anak selalu berkata jujur dan mengungkapkan kebenaran apa adanya. Orang dewasa pun seharusnya tak kalah dari anak kecil untuk selalu mengungkapkan kebenaran.

    Bermimpi Besar

    Anak-anak adalah makhluk yang paling berani bermimpi besar. Kembali percayalah pada mimpi besar yang Anda miliki dan wujudkan sekarang juga. Selain itu, gunakan lebih banyak imajinasi, imajinasi yang Anda miliki akan memicu kreativitas Anda yang selama ini mungkin terkubur.

Sesekali hilangkan egoisme dalam diri dan belajarlah dari anak-anak. Dalam keluarga, setiap anggota keluarga bisa belajar bebas dari anggota keluarga yang lain. Be a wise parent and don't hesitate to learn anything from your children.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading