Sukses

Parenting

Strategi Ampuh Mengenalkan Jenis Makanan Baru Pada Bayi

Mengenalkan makanan baru pada bayi memang penuh tantangan, bila Anda salah langkah, si kecil dapat menjadi pemilih makanan.

Bayangkan jika Anda telah susah payah membuat makanan khusus untuknya, tetapi si kecil malah memalingkan wajahnya saat Anda memberinya makan. Tenang, hal ini sangat sering terjadi dan bukan hanya Anda yang mengalaminya. Ada beberapa strategi khusus untuk membuat anak menerima jenis makanan yang baru tanpa pemaksaan, seperti dilansir motherandbaby.com berikut ini.

    Jika bayi menolak

    Bersabarlah, umumnya butuh sekitar 10 kali pengenalan hingga dia mau menerima jenis makanan yang masih asing baginya. Sebaiknya Anda tetap mencoba.

    Satu jenis pada satu waktu

    Jangan memaksakan untuk mengenalkan berbagai jenis makanan sekaligus. Mulailah dengan mengenalkan satu jenis makanan pada satu waktu secara perlahan-lahan.

    Pilih waktu santai

    Jika dia sedang lelah, si kecil akan menjadi tidak mudah menerima sesuatu yang baru. Jadi, hindari mengenalkan makanan baru pada saat di lelah atau hari yang sibuk.

    Tanpa rasa tambahan

    Anda mungkin ingin menambahkan garam atau gula agar si kecil mau menerima makanan yang Anda tawarkan. Sebenarnya tindakan ini tidak perlu. Bayi belum mengenal banyak rasa, sebaiknya kenalkan dahulu rasa asli makanan agar nantinya dia dapat menerima bahan makanan yang memiliki rasa hambar seperti sayuran tanpa penolakan.

    Ajarkan makan sendiri

    Selain menyuapinya dengan sendok, biarkan si kecil memegang sendok sendiri. Saat dia asyik berusaha makan dengan sendoknya, Anda dapat menyelipkan sesendok makanan ke mulutnya.

Kesabaran ibu sangat dibutuhkan dalam hal ini. Jangan paksakan anak untuk makan, karena ini akan membuatnya trauma dan takut dengan makanan. Bersabarlah dan kenalkan berbagai jenis makanan perlahan-lahan sesuai dengan umur si kecil.
Good luck, Mom!

(vem/cha)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading