Sukses

Parenting

Amankah Jika Anak-Anak Mengonsumsi Kafein?

Seperti yang telah diketahui banyak orang, kafein merupakan zat yang diproduksi dari daun dan juga biji dari banyak tanaman. Kafein ini memiliki banyak efek positif untuk membuat orang lebih waspada dan juga energik. Seperti yang dilansir oleh idiva.com, kafein ini bisa mempengaruhi tingkat konsentrasi dan juga kewaspadaan. Kafein menimbulkan efek pada sistem syaraf namun tetap termasuk aman bila dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas. Inilah yang membuat produk kafein mudah didapatkan di mana saja.

Kafein biasanya terdapat di beberapa bahan makanan. Kafein umumnya dikonsumsi oleh orang dewasa. Lalu apakan kafein ini aman jika dikonsumsi oleh anak-anak? Bagaimanakah efeknya bagi perkembangan anak-anak?

Berbagai minuman berenergi, soda, cola, cokelat, kopi, es krim dan juga yogurt menjadi favorit dan sering dikonsumsi oleh anak-anak. Minuman ini sebenarnya mengandung kafein yang dapat mempengaruhi pertumbuhan anak-anak. Akan lebih baik jika anak-anak tidak mengonsumsi terlalu banyak kafein.

Rashmi Madholkar, Ahli Gizi Senior di Rumah Sakit Kohinoor, Mumbai mengatakan, "Kafein merupakan penekan nafsu makan. Anak-anak yang mengonsumsi kafein mungkin tidak akan cukup mengonsumsi nutrisi dan juga kalori. Soda dan minuman yang kaya kafein akan membuat mereka merasa kenyang dan malas makan makanan bergizi". Selain itu kafein ini akan membuat anak-anak mengalami susah tidur bahkan depresi. Kafein yang terlalu banyak akan segera menimbulkan efek karena anak-anak lebih sensitif daripada orang dewasa.

Solusi terbaik adalah pengawasan dan juga peranan dari orang tua. Boleh saja anak-anak mengonsumsi kafein namun jumlahnya harus benar-benar tepat dan tidak berlebihan. Anda juga bisa mencoba alternatif yang menarik seperti jus buah yang pastinya lebih sehat. Selamat mencoba.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading