Sukses

Parenting

Apa Penyebab Diare Bayi? (I)

Diare tidak hanya terjadi pada orang dewasa tapi diare juga dapat meyerang bayi lho Bunda! Bayi yang normal akan mengeluarkan kotoran yang lembut dan tidak terlalu sering. Namun diare bayi akan menyebabkan gangguan pada pencernaan tersebut yang menyebabkan kotoran bayi Bunda menjadi lebih encer dan intensitas mengeluarkan kotorannya menjadi lebih tinggi.

Bayi yang mengalami diare tentu akan sangat merepotkan Bunda. Namun, apasih sebenarnya yang menyebabkan diare bayi tersebut? Seperti dilangsir dari www. babycenter.com, sebenarnya ada berbagai macam faktor yang menyebabkan diare bayi.

Penyebab yang pertama adalah infeksi virus. Ada berbagai macam virus yang menyebabkan diare bayi, yakni rotovirus, adenovirus, calicivirus, astrovirus, dan influenza. Parahnya, virus tersebut tidak hanya menyebabkan diare bayi namun juga komplikasi gejala penyakit lainnya seperti, muntah, demam, dan sakit pada perut.

Penyebab diare bayi yang kedua adalah infeksi bakteri. Bakteri yang dapat menyebabkan diare bayi adalah bakteri salmonella, shigella, staphylococcus, campylobacter, atau bakteri E. coli. Apabila bayi Bunda terserang diare yang disebabkan oleh salah satu dari bakteri tersebut, maka bayi Bunda akan mengalami diare yang cukup parah yang disertai dengan demam dan mengeluarkan darah pada kotorannya.

Diare bayi yang disebabkan oleh infeksi bakteri ini biasanya akan sembuh dengan sendirinya. Namun, diare bayi yang disebabkan oleh infeksi bakteri E. Coli yang menyerang melalui makanan seperti daging yang kurang matang akan menyebabkan masalah yang serius. Untuk itu, Bunda harus memeriksakan bayi Bunda ke dokter apabila hal ini terjadi.

Untuk mengetahui penyebab diare bayi selanjutnya, simak juga artikel Apa Penyebab Diare Bayi? II

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading