Sukses

Parenting

Apa Penyebab Diare Bayi? (II)

Diare bayi merupakan penyakit yang menyebabkan tidak teraturnya pencernaan pada bayi Bunda. Bayi Bunda akan mengeluarkan kotoran yang lebih encer dari biasanya dan juga membuat bayi Bunda lebih sering mengeluarkan kotoran. Hal ini tentu akan sangat membuat bayi Bunda merasa tidak nyaman dan juga sangat merepotkan bagi Bunda.

Di artikel sebelumnya telah disebutkan ada beberapa faktor yang menyebabkan diare bayi yakni infeksi bakteri dan infeksi virus pada saluran pencernaan bayi Bunda. Berikut penyebab diare bayi lainnya sesuai langsiran dari situs babycenter.com.

Penyabab diare bayi yang selanjutnya adalah infeksi pada telinga bayi Bunda. Infeksi pada telinga bayi Bunda yang dapat disebabkan oleh virus atau bakteri akan mengakibatkan bayi Bunda muntah, mengalami gangguan nafsu makan, dan menjadi sangat rewel. Infeksi pada telinga ini biasanya juga diikuti oleh gejala flu.

Penyebab diare bayi berikutnya adalah parasit. Parasit yang dapat menyebabkan diare bayi adalah parasit giardiasis yang merupakan parasit yang tinggal di perut bayi Bunda. Gejala yang ditimbulkan dari parasit ini adalah bayi Bunda sering kentut, wajah bayi Bunda sedikit membengkak, dan kotoran bayi Bunda menjadi sedikit berminyak atau encer.

Selanjutnya, antibiotik juga dapat menyebabkan diare bayi. Jika bayi Bunda mengalami diare ketika sedang atau sesudah pemberian antibiotik, maka faktor utama yang menyebabkannya adalah obat yang diberikan kepada bayi Bunda tersebut. Obat yang digunakan tersebut mungkin telah membunuh bakteri baik pada usus bayi Bunda sehingga menyebabkan gangguan pencernaan pada bayi Bunda.

Mari, ketahui juga penyebab diare bayi selanjutnya di artikel Apa Penyebab Diare Bayi? III

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading