Sukses

Parenting

Apa Penyebab Diare Bayi? (V)

Sistem pencernaan pada bayi Bunda masih sangat rentan. Terjadi gangguan sedikit saja dapat menyebabkan gejala yang cukup serius seperti diare bayi. Diare bayi akan menyebabkan encernya kotoran yang dikeluarkan bayi dan menyebabkan frekuensi keluarnya kotoran tersebut menjadi lebih sering.

Gangguan pada sistem pencernaan tersebut seperti alergi pada makanan tertentu seperti susu protein, pemberian antibiotik yang dapat membunuh bakteri baik dalam tubuh bayi Bunda. Berikut gangguan-gangguan lainnya yang dapat menyebabkan diare bayi sesuai langsiran dari laman babycenter.com.

Gangguan yang menyebabkan diare yang selanjutnya adalah ketidaktoleransian pada makanan tertentu. Berbeda dengan alergi makanan, ketidaktoleransian ini tidak melibatkan sistem kekebalan tubuh bayi Bunda. Salah satu contohnya adalah ketidaktoleransian pada laktosa.

Ketidaktoleransian laktosa pada bayi sebenarnya sangat jarang terjadi. Namun jika bayi Bunda mengalami hal ini maka bayi Bunda tidak mampu memproduksi enzim laktase yang mencukupi untuk mencerna laktosa yang terdapat pada produk susu. Nah jika laktosa ini tidak dapat dicerna dengan baik maka laktosa tersebut akan menetap pada usus yang dapat mengakibatkan diare bayi.

Penyebab berikutnya, keracunan juga dapat menyebabkan gangguan pada sistem pencernaan bayi Bunda. Jika ada benda nonmakanan yang tertelan bayi Bunda seperti bahan kimia, obat-obatan, mainan dan lainnya, lebih baik Bunda segera memeriksakan ke dokter agar mendapatkan pertolongan secepat mungkin.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading