Sukses

Parenting

Efektifkah Obat Perangsang Otak Untuk Penderita ADHD?

Obat perangsang bisa jadi merupakan treatment paling efektif untuk gejala-gejala ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder): sulit memperhatikan, tindakan menyerang, dan hiperaktif. Obat-obat ini dapat segera bereaksi dengan cepat dan meningkatkan kualitas tingkah laku.

Namun beberapa orang perlu mencoba beberapa tipe obat dengan dosis yang berbeda untuk menemukan yang mana yang bekerja paling cepat pada mereka. Biasanya, ini membantu mereka mengontrol diri beberapa lama tanpa perlu meningkatkan dosis.

Pada sekitar 70% orang dengan ADHD, obat perangsang dapat membuat anak lebih lebih tenang, lebih teratur dan keras kepalanya berkurang. Beberapa perkembangan tingkah laku meliputi: berkurangnya keinginan untuk mengganggu, kegelisahan dan mengetuk-ngetukkan jari selama di kelas, dan dapat melakukan tugas yang diberikan.

Dalam pengaruh ini, hubungan anak dan orang tua di rumah meningkat kualitasnya karena anak-anak lebih bisa fokus dan mematuhi perintah. Dalam sosial, anaka lebih dapat berkonsentrasi saat berolah raga dan melakukan aktivitas lain. Meskipun obat ini dapat membantu anak sementara waktu, namun pengobatan ini tak ditujukan untuk jangka panjang.

Sebuah studi menunjukkan bahwa anak dengan ADHD yang gejala-gejalanya terkait dengan kurangnya perhatian, menunjukkan perkembangan optimal dengan menurunkan dosis obat mereka. Sebaliknya, bila gejalanya meliputi hiperaktif pula, maka hasil optimal diperoleh dengan menambah dosis. Berkonsultasi dengan ahli dapat membantu orang tua menentukan dosis bagi anak mereka.

Oleh: Chrysangt Kirana

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading