Sukses

Parenting

3 Jenis Batuk Bayi yang Harus Bunda Waspadai

Bayi di bawah umur empat bulan pada umumnya jarang terserang batuk. Namun apabila mereka terserang batuk dan cukup parah, ini bisa jadi hal yang sangat serius dan perlu diperhatikan Bunda! Jadi batuk bayi tidak bisa dianggap remeh.

Seperti dilansir dari parents.com, Jenis batuk pertama yang wajib Bunda perhatikan adalah batuk yang disertai sesak nafas. jenis batuk ini dikarenakan batang tenggorokan yang membengkak sehingga menutup jalannya udara. Hal ini lah yang mengakibatkan bayi batuk dan sesak nafas.

Apabila bayi Bunda terserang batuk yang disertai dengan sesak nafas, si kecil membutuhkan udara yang lembab agar bisa bernafas lebih leluasa. Bunda bisa mengajak si kecil ke kamar mandi dan membuat ruangan kamar mandi beruap dengan cara mengalirkan air yang panas dari shower.

Jenis batuk kedua adalah batuk dengan suara yang nyaring. Batuk ini diakibatkan oleh infeksi bakteri di batang tenggorokan. Gejala yang ditimbulkan adalah mata bayi membengkak dan wajahnya berubah menjadi merah.

Mencegah jenis batuk ini adalah tindakan yang terbaik. Lakukan pencegahan dengan memastikan bayi Bunda telah mendapatkan vaksin imunisasi.

Jenis batuk yang terakhir adalah Bronchiolitis. Jenis batuk ini diakibatkan oleh infeksi virus di paru-paru. Gejala yang dapat diamati adalah bayi mengeluarkan suara seperti orang yang sedang terserang penyakit asma ketika bernafas.

Untuk mengatasi Bronchiolitis, pastikan bayi Bunda memiliki waktu istirahat yang banyak di kamar yang bersih dan tidak berdebu.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading