Sukses

Parenting

Dilema Batuk Bayi

Apakah Bunda pernah khawatir jika bayi Bunda terserang batuk? Jika iya, Bunda memang patut untuk khawatir. Ini dikarenakan batuk bayi memang tidak bisa di anggap remeh dan ditangani secara sembarangan.

Penyakit ini seperti dilema dalam menanganinya. Mengapa di katakan dilema? Pertama, karena batuk yang menyerang bayi tidaklah mudah untuk ditangani. Apabila orang dewasa rata-rata membutuhkan waktu minimal 3 hari untuk sembuh, bagaimana dengan bayi yang sistem kekebalan tubuhnya masih rentan? Pasti membutuhkan waktu yang lebih lama.

Kedua, seperti yang dilansir dari raisingchildren.net.au, bayi yang berumur dibawah dua tahun tidak diperbolehkan mengonsumsi obat batuk generik yang dapat dibeli di pasaran. Jika larangan ini diacuhkan akibatnya bisa fatal, yakni kematian.

Obat batuk generik dilarang karena efek samping yang ditimbulkan dapat membahayakan nyawa bayi. Efek samping ini mungkin tidak berarti apa-apa bagi orang dewasa. Namun bagi bayi, efek samping ini tidak akan bisa diterima oleh tubuhnya.

Bayi akan gemetaran, lalu jantungnya berdegup kencang, kemudian tingkat kesadarannya akan menurun sebelum bayi meninggal akibat pemberia obat batuk.

Dan lebih disayangkan lagi, tidak ada ramuan herbal yang bisa meredakan batuk si kecil secara cepat. Ramuan herbal hanya akan meredakan gejalanya saja. Sedangkan batuknya masih akan bersarang pada tenggorokan bayi Bunda selama 7-10 hari.

Sabar ya Bunda.

Oleh : Yuan Sabastian Fanani

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading