Sukses

Parenting

Mengatasi Batuk Bayi

Batuk bayi tidak bisa ditangani dengan pemberian obat batuk generik yang beredar di pasaran. Hal ini akan membahayakan nyawa bayi. Untuk menangani batuk pada bayi, sebaiknya Bunda jangan terlalu fokus pada pengobatan dahulu melainkan pada pencegahan.

Dilansir dari raisingchildren.net.au, pencegahan pertama yang bisa Bunda lakukan adalah jangan biarkan bayi Bunda menjilat atau menggigit mainan disekitar bayi Bunda. Mainan di sekitar bayi Bunda bisa jadi mengandung virus dan bakteri yang ditularkan dari orang dewasa.

Pencegahan yang selanjutnya adalah, hindarkan bayi dari paparan debu. Pastikan kamar bayi Bunda bebas debu dan nyaman buat tidur. Dua hal diatas adalah cara yang bisa mencegah si kecil terserang batuk.

Namun sayangnya Bunda, tidak ada aksi pencegahan yang bisa Bunda lakukan terhadap batuk yang diakibatkan oleh infeksi virus. Jika pencegahan sudah dilakukan namun bayi tetap terserang batuk, yang harus Bunda lakukan kemudian adalah perawatan.

Perawatan yang dimaksud adalah perawatan tanpa menggunakan bahan kimia. Yang pertama adalah pastikan bayi Bunda mendapatkan istirahat yang cukup.

Yang kedua, pastikan juga bayi Bunda mendapatkan asupan ASI yang mencukupi atau bahkan lebih. Hal ini dikarenakan kemungkinan bayi Bunda membutuhkan cairan yang lebih untuk melawan batuk tersebut.

Yang terakhir adalah ajak bayi Bunda untuk bernapas di ruangan yang beruap. Cara membuat ruangan yang beruap dengan pergi ke kamar mandi, dan tutup pintunya. Nyalakan shower yang mengalirkan air panas. Lalu ruangan yang beruap akan tercipta.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading