Sukses

Parenting

Mengenal Batuk Bayi

Umumnya, batuk merupakan penyakit yang sering di derita oleh orang dewasa. Tapi sebenarnya batuk juga bisa menyerang bayi. Supaya Bunda tidak panik ketika bayi Bunda terserang batuk, mari simak pembahasan mengenai batuk bayi berikut ini.

Batuk bayi mungkin bisa membuat Bunda stres. Hal ini disebabkan batuk yang di alami oleh bayi Bunda akan berlangsung selama beberapa hari atau bahkan lebih dari satu minggu. Batuk juga akan membuat Bunda kewalahan untuk menenangkan bayi Bunda di malam hari.

Dilansir dari laman Parents.com, sebenarnya batuk adalah suatu teknik perlindungan tubuh kita. Batuk merupakan reaksi dalam tubuh kita untuk membersihkan saluran udara di tenggorokan yang tersumbat dahak, ingus, ataupun makanan.

Ada beberapa jenis batuk yang perlu Bunda ketahui. Pertama batuk yang diakibatkan oleh alergi atau biasa disebut batuk tidak berdahak. Ini diakibatkan oleh tenggorokan bayi Bunda yang teriritasi.

Jenis batuk yang kedua adalah batuk berdahak. Ini merupakan batuk yang dikarenakan adanya infeksi bakteri di dalam saluran pernafasan. Dan jenis batuk ini juga akan memproduksi dahak atau lendir ingus di saluran pernafasan.

Dua jenis batuk diatas adalah jenis batuk yang dapat hilang dengan istirahat dan asupan ASI yang mencukupi. Namun Bunda harus tetap waspada. Jangan sampai salah menafsirkan apakah bayi Bunda sekedar membutuhkan istirahat lebih banyak atau membutuhkan pertolongan dokter.

Batuk yang menyerang bayi akibat infeksi virus lah yang harus Bunda perhatikan. Umumnya batuk jenis ini membuat bayi Bunda susah untuk bernafas.

Jika bayi Bunda batuk dan mengalami sesak nafas, lebih baik segera konsultasikan dengan dokter.

Oleh : Yuan Sabastian F

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading