Sukses

Parenting

Bisa Apa Saja Sih Bayi Hingga Usia Satu Tahun?

Apakah Anda sedang menantikan kehadiran si buah hati? Wah, pastinya senang bukan main ya.

Bila selama beberapa bulan ini Anda sudah mengamati perkembangan si kecil di dalam kandungan, Anda juga wajib tahu apa saja yang akan dilakukan si kecil di tahun pertamanya.

Dilansir WebMD.com, inilah yang akan dilakukan bayi hingga usianya 1 tahun nanti.

Tersenyum

Setelah dua bulan, bayi akan bisa tersenyum dan menangis hingga mengeluarkan air mata. Kedua hal ini akan sering Anda temui. Respon senyuman juga sudah mulai bisa dilihat ketika ia mendengar suara Anda atau melihat Anda.

Tertawa

Setelah suaranya mulai keluar dan dikontrol olehnya, di usia 4 bulan ia akan mulai tertawa. Tawa kecilnya bahkan bisa membuat Anda menemukan surga kebahagiaan.

Tidur sepanjang malam

Tidak perlu takut kalau bayi usia 4-6 bulan lebih banyak tidur di malam hari. Ini sudah menjadi kebiasaannya mengikuti kebiasaan Anda. Ia juga lebih aktif di siang hari.

Duduk

Usia berapa sih bayi bisa duduk? di usia 5-6 bulan bayi mulai duduk sendiri. Namun umumnya ia masih butuh bantuan dari Anda. Di usia 7-9 bulan nanti, ia akan bisa duduk sendiri dengan nyaman dan kokoh.

Merangkak

Di usia 8 bulan, si kecil akan mulai lebih aktif dan merangkak menjelajahi rumah. Rasa penasarannya semakin besar, dan ia akan mencari tahu apa saja yang dilihatnya. Di sini, Anda harus lebih menyediakan waktu mengawasinya.

Melambaikan tangan

Anak usia 9 bulan juga sudah mulai belajar banyak suara-suara, lambang-lambang, termasuk saat melambaikan tangan dan kiss bye.

Makan dengan tangan

Sendok adalah musuh bagi bayi usia 12 bulan. Baginya, ia akan lebih puas merasakan makanan masuk ke mulut dengan menggunakan tangannya. Hal ini baik saja karena sebenarnya ia sedang mengekplorasi rasa serta tekstur makanan tersebut. Ia tengah mencari tahu mana makanan yang ia suka dan tidak.

Berdiri

Di usia 12 bulan bayi juga cenderung sudah belajar berdiri. Ia akan mencoba melangkah satu demi satu, bahkan tak jarang ada yang kemudian berlari karena saking semangatnya.

Berbicara

Kata pertama yang biasa diucapkan bayi adalah mama, dada, papa, nyanya. Mereka belajar berbicara dengan menirukan apa yang didengarnya. Dan di usia ini, apa yang Anda katakan tentu saja direkam dengan baik. Sekalipun mungkin ia belum bisa mengerti secara keseluruhan, namun ingatan bayi cukup kuat lho.

Penasaran apa yang akan dilakukan di tahun kedua? Nantikan artikel selanjutnya ya.

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading