Sukses

Parenting

Bicara Soal Seks Dengan Anak

Rasa tidak nyaman memang sering muncul saat kita akan berbicara tentang seks dengan anak. Namun yang perlu ladies ingat, hal ini sangat perlu agar anak tidak salah informasi tentang seks. Dengan banyaknya informasi dari media yang bermunculan, yang tidak menekankan tentang nilai dan tanggung jawab dalam kegiatan seksual, kita harus bisa memberikan pendidikan yang lebih akurat mengenai seks, apa seks itu, dan apa konsekuensi nya.

Wajar jika ladies merasa tidak nyaman, anak anda juga begitu. Cara yang paling mudah adalah dengan berbicara terbuka tentang seks dan seksualitas di rumah agar anda bisa membimbing anak anda dengan lebih baik. Berikut tips yang bisa anda pakai ketika berbicara tentang seks dengan anak anda.

Seperti yang ditulis di situs soc.ucsb.edu, memberi pendidikan seksual terhadap anak harus bersifat kontinyu dan tidak bisa sekali saja. Anak anda akan berurusan dengan seksualitas semasa hidupnya, dan tidak mungkin hanya dalam sekali percakapan anda bisa mencakup semua. Ajarkan agar anak anda tidak malu bertanya pada anda tentang seks agar anda bisa menjadi sumber ia belajar dan memahami seks dan seksualitas. Beri informasi yang akurat tentang seks dan jangan lupa untuk memberitahu mereka rentang menstruasi atau mimpi basah sebelum mereka mengalaminya sehingga mereka bisa mengantisipasi dan tidak khawatir tentang apa yang terjadi pada tubuhnya.

Jangan berkesan menggurui, karena anak anda tidak akan pernah suka digurui. Lebih baik arahkan pembicaraan anda menjadi diskusi, sehingga anak tidak merasa ragu untuk berbicara dengan anda. Dengan diskusi, dia akan lebih mendengarkan kata-kata anda.

Seks bukanlah hal yang buruk dan seharusnya memang tidak diperlakukan seperti itu. Meskipun kadang dibuat terlihat berbahaya dan menakutkan, pada kenyataannya seks merupakan hal yang alami dah indah. Ajarkanlah bahwa seks memang indah, namun juga bisa berbahaya.

 

Oleh: Teylita A

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading