Sukses

Parenting

Tips Menidurkan Bayi Agar Tidak Rewel

Sebagian besar orang tua mengeluh saat bayinya menangis dan rewel tengah malam, entah karena lapar, mengompol atau memang sedang rewel. Alhasil, orang tua jadi kerap begadang dan keesokan harinya lemas karena mengantuk.

Kondisi seperti ini bahkan bisa dialami para orang tua lebih dari enam bulan. Dan selama enam bulan itu, bayangkan saja kondisi tubuh lemas, mata hitam dan berkantung karena mengantuk selalu dialami setiap hari.

Agar Anda dan si kecil tetap bisa tidur nyenyak, berikut adalah beberapa tips dari Boldsky.com yang bisa Anda praktekkan.

Mengatur jam biologis rutin

Untuk membuat si kecil tak lagi rewel, Anda harus melatih jam biologisnya. Misalnya, agar ia tidak menangis karena mengompol, sebelum tidur bantu ia untuk buang air kecil terlebih dahulu. Jam tidur bayi jauh lebih mudah diatur kok ketimbang orang dewasa. Kegiatan merekapun lebih banyak diisi dengan tidur dan beristirahat.

Buat atmosfer tidur yang nyaman

Atur saja ruangan yang nyaman dan singkirkan semua benda yang membuat ia penasaran serta ingin bermain. Buatlah tempat tidurnya bersih dan hanya diisi dengan benda-benda untuk tidur.

Pencahayaan juga harus diperhatikan karena nuansa tidur yang nyaman adalah temaram, tidak terganggu cahaya lampu sehingga ia bisa tidur terlelap.

Biarkan tidur sendiri

Kesalahan orang tua adalah selalu menggendong dan menemaninya tidur. Sehingga saat ia terbangun dan Anda tidak di sisinya, ia merasa tidak nyaman dan rewel.

Sejak dini, buat si kecil terbiasa tidur sendiri. Saat ia tidur dan bangun, ia tidak akan rewel dan merasa kaget karena terbiasa dengan kenyamanan kesendiriannya.

Pilih teman tidur untuknya

Setidaknya, boneka atau bantal dan guling yang nyaman bisa Anda pilih sebagai teman tidur. Bahan-bahan yang nyaman, empuk, serta tidak menyimpan debu atau berbulu paling cocok untuk menemani si kecil tidur. Ia akan merasa lebih nyaman, dan Anda tak harus meninggalkan kegiatan Anda sendiri untuk menemaninya tidur.

Pastikan ia kenyang

Agar tidak rewel dan menangis di malam hari karena lapar, pastikan Anda memberi asupan makan yang rutin dan tidak terlambat. Misalnya setiap dua jam sekali, dalam kondisi terjaga atau tidur, beri ia ASI. Keunikan bayi adalah bisa tetap makan sekalipun mereka tidur lelap.

Tidak terlalu lelah

Umumnya orang tua berpikir apabila di siang hari mereka lelah bermain maka di malam hari mereka akan tidur lelap. Kenyataannya tidak demikian. Ketika di siang hari mereka terlalu aktif, tubuh mereka akan tidak nyaman dan sakit. Alhasil, di malam hari mereka akan terbangun dan rewel.

Mandi rutin

Acara mandi dua kali sehari memang sebaiknya dilakukan. Tidak perlu takut masuk angin, selama Anda mengikuti langkah-langkah memandikan bayi yang tepat, si kecil akan merasa lebih rileks, nyaman dan tidur nyenyak karena tubuhnya sudah segar dan bersih.

Musik yang lembut

Alunan musik lembut membuat setiap orang merasa rileks dan mengantuk. Sama seperti yang Anda rasakan, si kecil juga bisa mengantuk dan mudah terbawa ke alam mimpi saat mendengarkan musik. Setidaknya Anda bisa mencoba cara ini, pasang musik yang tenang dengan suara yang lembut dan biarkan musik membuai dan membuatnya terlelap.

 

 

 

 

 

(vem/bee)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading