Sukses

Parenting

Serunya Mendaki Gunung Bersama Keluarga, Contek Tips Persiapannya Yuk

Mendaki gunung memang menjadi kegiatan yang menyenangkan. Ternyata, mendaki gunung pun dapat dilakukan bersama keluarga, lho. Ada banyak momen yang tak terlupakan yang dapat mengakrabkan keluarga dalam kegiatan mendaki gunung, misalnya melintasi bukit dan menelusuri sungai. Seru banget!

Namun, kegiatan mendaki gunung bersama keluarga bisa menjadi 'bencana' kala tidak disertai dengan persiapan yang baik. Luka bakar, gigitan serangga, bahkan dehidrasi dapat menyerang anak-anak yang belum terbiasa menjalani kegiatan luar ruangan seperti ini.

Jangan khawatir, tim Vemale punya tips agar kegiatan mendaki gunung bersama keluarga Anda menjadi menyenangkan, yaitu:

Berikan gambaran kepada anak tentang kegiatan yang akan dilakukan

Penting bagi anak mengetahui seperti apa medan yang akan ditempuh dan apa yang akan mereka lakukan ketika perjalanan mendaki gunung. Meskipun Anda harus memberi tahu bahwa mereka harus selalu mawas diri, tetapi yakinkan pada mereka kegiatan ini akan menjadi kegiatan yang seru dan takkan terlupakan.

Carilah informasi tentang area pendakian

Sangat penting untuk mengetahui area pendakian yang akan dilalui bersama keluarga. Carilah track yang tidak terlalu menyulitkan, khususnya bagi anak-anak yang masih kecil. Anda tak mau 'kan kegiatan pendakian berakhir dengan anak-anak yang rewel karena track yang terlalu panjang dan melelahkan?

Pilih sepatu yang nyaman dan aman

Tidak ada yang dapat menggantikan kenyamanan sepatu yang digunakan pendaki dalam acara mendaki gunung. Hal ini sangat penting, maka disarankan agar memilih sepatu yang memang dirancang untuk melindungi area pergelangan kaki dan anti selip. Hindari menggunakan sandal yang terbuka untuk anak-anak. Jika menggunakan sepatu lari, pastikan mengenakan kaos kaki setinggi lutut untuk menghindari cedera dan gigitan serangga yang ada di tanah.

Ajarilah anak etika berada di alam bebas

Mendaki gunung bermanfaat untuk belajar saling menghormati satu salam lain. Ajarilah anak untuk menghormati tanaman-tanaman yang ada di jalur pendakian dnegan tidak sembarangan memetiknya, selalu menjaga ketenangan dan tidak membuang sampah sembarangan.

Pastikan perbekalan yang cukup

Anak-anak memerlukan energi yang cukup untuk melakukan pendakian. Bawalah sebotol besar air minum dan cemilan ringan yang mengenyangkan, misalnya roti gandum. Hindarilah terlalu banyak gula-gulaan yang dimakan selama perjalanan.

Semoga tips ini membantu persiapan perjalanan Anda yang menyenangkan bersama keluarga ya, Ladies. Selamat berpetualang!

(vem/wnd)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading