Sukses

Parenting

Ciri-ciri Anak Siap Mendapatkan Pendidikan Luar Sekolah (Part 1)

Pendidikan luar sekolah biasanya dimulai sejak anak berusia 3-5 tahun. Namun, apakah benar ketika anak telah menginjak umur tersebut, secara otomatis ia sudah siap untuk bersekolah? Berikut ulasan beberapa ciri-ciri anak yang siap mendapatkan pendidikan luar sekolah yang dirangkum dari laman babycenter.com.

- Mampu mandiri
Jika anak Anda sudah mampu mengatur diri sendiri seperti mencuci tangan sendiri, makan sendiri, artinya ia sudah siap untuk bersekolah. Pendidikan luar sekolah seperti TK atau PAUD biasanya menuntut si kecil untuk bersikap lebih mandiri.

- Mampu Berjauhan dari Anda
Jika si kecil sudah terbiasa diasuh oleh pengasuh atau keluarga, ia akan lebih siap menerima pendidikan pertamanya dibandingkan anak-anak yang belum pernah berjauhan dari Ibunya. Jika si kecil masih belum terbiasa terpisah dari Anda, Anda bisa membiarkan si kecil seharian bersama neneknya atau keluarga lainnya.

- Mampu Bekerja Sendiri
Pendidikan luar sekolah menuntut si kecil untuk mampu melakukan pekerjaan sendiri. Jika si kecil telah mampu melakukan perkerjaan seperti menggambar sendiri, bermain puzzle sendiri, itu merupakan tanda bahwa ia telah mampu untuk bersekolah. Jadi Bunda tak perlu ragu lagi.

- Mampu Bekerja Dalam Kelompok
Kemampuan bersosialisasi yang baik merupakan modal utama untuk bersekolah. Jika si kecil sudah mampu bersosialisasi dengan baik seperti mampu bekerja dalam kelompok, hal tersebut merupakan tanda ia telah siap untuk pendidikan pertamanya.

Oleh: Ratna K.D

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading