Sukses

Parenting

8 Langkah agar Pemberian Imunisasi Anak Berjalan Mudah (III)

Di ulasan sebelumnya telah dibahas dua langkah agar pemberian imunisasi anak berjalan dengan mudah, yaitu dengan menanyakan berbagai pertanyaan ke dokter dan menenangkan anak ketika penyuntikan dilakukan. Berikut ini langkah-langkah selanjutnya, seperti dilansir dari whattoexpect.com:

- Pegangi anak Bunda dengan benar

Cara memegangi anak ketika vaksin diberikan tergantung dari umur anak tersebut. Pada umumnya, cara memegang yang benar adalah tidak terlalu kuat dan tidak terlalu lemah.

Apabila memegang anak terlalu kuat, anak akan merasa lebih tegang dan lebih takut. Apabila memegang terlalu lemah, anak akan berusaha bergerak-gerak dan meloloskan diri, sehingga jarum suntik semakin sulit ditancapkan pada kulitnya.

Untuk balita yang akan disuntik di bagian pahanya, pangku dia dan atur posisinya agar dia menghadap ke arah Bunda. Gunakan salah satu tangan Bunda untuk memeluknya dan sekaligus memegangi tangannya agar tidak bergerak-gerak. Gunakan tangan satunya untuk membantu memegang tangannya.

- Pegangi anak Bunda yang sudah besar dengan benar

Untuk anak Bunda yang sudah besar, apabila dia akan disuntik di bagian lengan atasnya, pangku dia dan suruh dia untuk tidak menghadap jarum. Bunda juga bisa menyuruhnya agar berdiri dan tidak menghadap jarum suntik, sedangkan Bunda duduk di kursi di depan anak Bunda.

Tahan kakinya di antara paha Bunda agar dia tidak banyak bergerak. Kemudian peluk dia agar membuatnya lebih tenang.

Tinggal dua langkah lagi, simak terus ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading