Sukses

Parenting

8 Langkah agar Pemberian Imunisasi Anak Berjalan Mudah (IV)

Di artikel sebelumnya telah dijelaskan dua langkah agar pemberian imunisasi anak berjalan dengan lebih mudah. Kali ini, akan dijelaskan dua langkah terakhir yang bisa Bunda lakukan, berikut ini ulasannya seperti dilansir dari whattoexpect.com:

- Tenangkan anak setelah dia disuntik

Cara terbaik untuk menenangkan anak persis setelah dia selesai disuntik adalah dengan berbicara secara halus dan lembut padanya. Dukungan dan empati harus Bunda berikan padanya.

Jelaskan bahwa Bunda tahu dia berjuang keras agar mau untuk disuntik, jelaskan padanya bahwa Bunda tahu disuntik itu menakutkan, dan jelaskan juga bahwa Bunda sangat bangga padanya karena dia telah berhasil melewati semua ini. Pegang dan peluk anak Bunda, dan berikan dia ASI atau susu formula apabila dia mau.

Dua hal yang tidak boleh Bunda lakukan setelah anak selesai disuntik adalah memarahinya dan mempermalukannya di depan orang lain. Meskipun dia menangis dengan sangat keras, yakinkan dia bahwa dia adalah anak yang pemberani dan hebat.

- Meminimalkan efek samping vaksin pada anak

Kebanyakan anak mengalami efek samping yang normal seperti ruam, sakit di bagian tubuh yang disuntik, dan juga demam. Efek samping ini biasanya hilang dalam beberapa hari.

Untuk meminimalkan efek samping, berikan handuk yang diberi air hangat di bagian tubuh yang disuntik, mandikan dia dengan air dingin untuk mengobati demam, dan berikan obat non-aspirin. Berikan air minum secukupnya pada anak, jangan sampai dia kehausan dan juga dehidrasi.

Itulah Bunda 8 langkah yang bisa Bunda lakukan saat pemberian imunisasi anak. Segera terapkan ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading