Sukses

Parenting

Amankah Imunisasi Anak Itu? (I)

Bunda mungkin sudah pernah membaca bahwa pemberian imunisasi anak ini menimbulkan berbagai macam efek samping. Efek samping yang biasanya terjadi itu tergolong aman bagi anak. Nah, selain efek samping, masih ada informasi-informasi lain yang berkaitan dengan keamanan imunisasi anak ini, berikut ini ulasannya:

- Bisakah anak terinfeksi penyakit berbahaya justru ketika disuntik?

Seperti dilansir dari laman whattoexpect.com, hal ini mungkin terlintas di dalam pikiran Bunda, karena memang kandungan di dalam vaksin adalah mikroorganisme yang menjadi penyebab penyakit berbahaya tersebut. Untungnya, Bunda tidak perlu mengkhawatirkan hal ini.

Mikroorganisme yang ada di dalam vaksin itu sudah dibunuh. Jadi, mikroorganisme yang ada di dalam vaksin tersebut tidak bisa membuat siapapun sakit, termasuk anak Bunda.

Mikroorganisme yang ada di dalam vaksin ada juga Bun yang hanya dilemahkan. Tapi Bunda tidak usah takut, karena kemungkinannya sangat kecil bagi mikroorganisme tersebut agar bisa menimbulkan penyakit bagi anak.

Lagipula, apabila anak Bunda memang terbukti terkena penyakit akibat imunisasi ini, penyakit tersebut jauh lebih aman daripada penyakit yang dibebabkan mikroorganisme secara alami.

- Apakah mendapatkan imunisasi yang banyak dapat membebani sistem imun anak?

Seperti Bunda ketahui, pada saat anak Bunda masih kecil, banyak sekali imunisasi yang diberikan padanya, hingga Bunda khawatir apakah sistem imun anak sanggup menanganinya.

Untungnya, berdasarkan hasil studi, ketika anak diberi berbagai macam vaksin, sistem imunnya dapat merespon dengan baik. Vaksin adalah hal yang tidak signifikan bagi sistem imun anak Bunda, karena setiap harinya sistem anak Bunda mampu bekerja dengan baik untuk melawan bakteri yang ada di lantai, di makanan, dan juga di udara.

Masih ada lagi informasi lain seputar keamanan imunisasi anak, simak di artikel berikutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading