Sukses

Parenting

8 Langkah agar Pemberian Imunisasi Anak Berjalan Mudah (II)

Di artikel sebelumnya telah diulas dua langkah pertama agar pemberian imunisasi anak berjalan dengan mudah, yaitu dengan melakukan persiapan dan berkata jujur kepada anak. Kali ini, akan diulas dua langkah berikutnya, seperti dilansir dari whattoexpect.com:

- Tanyakan berbagai macam hal pada dokter

Bunda tidak perlu malu ketika berada di ruang dokter. Tanyakan segala macam informasi yang Bunda butuhkan, entah itu tentang efek samping yang mungkin muncul pada anak, gejala-gejala yang mungkin muncul pada anak, tanda-tanda bahwa anak mengalami efek samping yang serius, apa yang Bunda bisa lakukan untuk meredakan sakit anak, dan sebagainya.

- Tenangkan anak dan alihkan perhatiannya saat penyuntikan

Ketika waktu penyuntikan tiba, ajak dia bicara dan bercanda dengan suara yang lembut. Kalau misalkan bisa, peluk dia agar dia merasa lebih nyaman dan lebih tenang ketika disuntik. Alihkan perhatiannya pada Bunda agar dia tidak melihat jarum suntik yang akan disuntikkan padanya.

Bunda bisa tetap mengalihkan perhatiannya dengan memandang matanya dalam-dalam dan tersenyum padanya. Apabila Bunda membawa mainan favoritnya seperti yang disarankan di artikel sebelumnya, biarkan dia memegang mainan tersebut.

Apabila Bunda memberinya ASI, kalau bisa suntik dia ketika dia berada dalam dekapan Bunda. Apabila tidak bisa, beri dia ASI segera setelah penyuntikan selesai. Memberi ASI adalah salah satu cara terbaik untuk menenangkan bayi.

Masih ada empat langkah lagi, simak di artikel berikutnya ya Bun!


Oleh: Andrian Bayu Krisna

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading